Kenali Bakteri E. Coli, Penyebab Pemandian Umbulan Ditutup

1020

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemandian alam Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan ditutup. Ditemukannya bakteri Escherichia Coli (E. Coli) disebut jadi penyebabnya.

Penutupan ini dilakukan sejak Senin (7/6/2021). Kepala UPT PSda ws Welang Pekalen di Pasuruan, Novita Andriani menyebut pemandian Umbulan mengandung bakteri E. Coli.

“Memang harus disterilkan, karena hasil dari uji lab-nya itu kandungan bakteri e-coli tinggi. Bakteri e-coli itu dari usus besar manusia,” katanya kepada WartaBromo.

Lantas, apa itu bakteri E. Coli?

Dilansir dari Alodokter, bakteri E. Coli yaitu bakteri yang hidup di dalam usus manusia yang berfungsi untuk kesehatan sistem pencernaan.

Pada umumnya, bakteri ini tidak berbahaya. Hanya saja, ada beberapa jenis bakteri E. Coli yang bisa menyebabkan diare parah.

Beberapa jenis E. Coli yang berbahaya yakni STEC, ETEC, EPEC, EAEC, EIEC, dan DAEC. Bakteri ini berbahaya jika mengkontaminasi manusia, sebab bisa memproduksi racun. Nah, racun inilah yang mampu merusak usus kecil hingga menyebabkan BAB berdarah.

Tak hanya BAB berdarah, apabila seseorang terkontaminasi E. Coli, maka Ia bisa mengalami beberapa gejala penyakit. Seperti diare, mual, muntah atau sakit perut.

 

Risiko terpapar E. Coli ini semakin besar apabila yang terkena adalah anak-anak, ibu hamil dan lansia. Ditambah lagi jika orang tersebut memiliki imun yang lemah, atau mengalami penurunan asam dalam perut.

Untuk diketahui, bakteri E. Coli bisa dengan mudah masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau minuman. Bisa juga apabila berkontak langsung dengan bakteri E. Coli, seperti setelah memegang binatang, buang air besar, atau bahkan tertular orang yang terkontaminasi E. Coli. Termasuk berenang di pemandian umum, juga bisa membuat tubuh terinfeksi bakteri ini. (may/ono)