Pemandian Umbulan Ditutup, Pedagang Direlokasi ke Umbulan Park

5670

 

Winongan (WartaBromo.com) – Pemandian alam Umbulan di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan ditutup. Tak hanya itu, para pedagang yang berjualan di wilayah pemandian juga direlokasi di Umbulan Park

Para PKL itu mulai direlokasi pada Senin (07/06/2021). Ada 15 pedagang yang direlokasi. Mereka adalah pedagang yang menempati lokasi pemandian utama. Sisanya, yakni para pedagang yang ada di luar, akan direlokasi pada giliran selanjutnya.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Ruse Rante mengungkapkan, setelah ini pemandian utama akan ditutup total. Sedangkan para pedagang ini dipindah ke Umbulan Park.

“Ini kami beri kompensasi juga. Tiap pedagang Rp2 juta,” ujarnya.

Kepala UPT PSDA WS Welang Pekalen di Pasuruan, Novita Andriani mengatakan, larangan mandi di pemandian utama disebabkan hasil uji lab kualitas air Umbulan. Hasil uji lab menyebutkan bahwa air Umbulan mengandung bakteri e-coli.

“Memang harus disterilkan, karena hasil dari uji lab-nya itu kandungan bakteri e-coli tinggi. Bakteri e-coli itu dari usus besar manusia,” ujar Novi.

Umbulan Park sendiri, menurut Novi, sudah diserahterimakan kepada Pemkab Pasuruan. Sementara itu, untuk pemandian Umbulan, lanjut Novi, rencananya setelah ini akan dijadikan wisata edukasi.

“Rencananya dibuat ekowisata. Targetnya anak-anak sekolah. Nanti mereka diajak melihat dan mengenal sumber mata air,” imbuhnya. (tof/may)

Simak videonya: