Air Mengandung Bakteri E-Coli, Pemandian Alam Umbulan Ditutup

4801

Winongan (WartaBromo.com) – Pemandian alam Umbulan, Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan resmi ditutup. Penutupan karena air di pemandian Umbulan mengandung E-Coli.

Wisata tersebut mulai ditutup sejak Senin (07/06/2021). Kepala UPT PSDA WS Welang Pekalen di Pasuruan, Novita Andriani mengatakan, penutupan pemandian alam itu disebabkan hasil uji lab kualitas air Umbulan. Hasil uji lab menyebutkan bahwa air Umbulan mengandung bakteri e-coli.

Kandungan bakteri e-coli itu disebut berbahaya untuk dikonsumsi. Apalagi air dari sumber Umbulan kini sudah dialirkan ke sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur.

“Memang harus disterilkan, karena hasil dari uji lab-nya itu kandungan bakteri e-coli tinggi. Bakteri e-coli itu dari usus besar manusia,” ujar Novi.

Pemandian alam Umbulan ini, rencananya setelah ini akan dibuat sebagai wisata edukasi. Novi menilai, suasana dan lokasi sekitar pemandian Umbulan sudah cukup mendukung.

“Sementara kita tutup total sampai ada SOP wisata edukasi itu. Ini kan kita masih berbenah dulu,” imbuh Novi.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Ruse Rante menambahkan, dengan ditutupnya pemandian Umbulan ini, maka tak boleh lagi ada yang mandi di pemandian utama.

“Nanti akan disterilkan semuanya. Yang boleh dipakai mandi kolam kecil di bawah,” ujarnya.

Selain itu, penutupan pemandian Umbulan ini juga diiringi relokasi belasan pedagang yang menempati kawasan pemandian Umbulan. Mereka direlokasi dan sudah disediakan stan-stan berjualan di Umbulan Park. (tof/may)

Simak videonya: