Ini Penyakit yang Disebabkan Bakteri E. Coli dan Cara Mengobatinya

445

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Ditemukannya bakteri E. coli di pemandian alam Umbulan gencar diperbincangkan. Sebab itu pula, pemandian alam di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan ini resmi ditutup sejak Senin (7/6/2021).

Kepala UPT PSDA WS Welang Pekalen di Pasuruan, Novita Andriani mengatakan, berdasarkan hasil uji lab, kandungan bakteri E. coli berbahaya bagi manusia.

“Memang harus disterilkan, karena menurut hasil dari uji lab, air di pemandian itu terdapat kandungan bakteri e-coli tinggi. Bakteri e-coli itu dari usus besar manusia,” kata Novita.

Lebih lanjut dijelaskan, bakteri E. coli akan sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia. Apabila seseorang terpapar bakteri ini, maka akan timbul beberapa penyakit serius.

Dilansir dari hellosehat.com, ada 5 jenis penyakit yang paling umum disebabkan oleh bakteri E. Coli. Adalah infeksi saluran kemih, infeksi enterik, infeksi invasif, dan parahnya lagi bisa menyebakan prostatitis dan penyakit radang pinggul.

Nah, lalu bagaimana cara mengobati seseorang yang sudah terpapar bakteri E. coli?

Dokter umum di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, dr Patricia Lukas Goentoro, menjelaskan, belum ada obat khusus untuk menangani infeksi Escherichia coli. Kebanyakan infeksi yang ringan bisa sembuh dengan sendirinya.

“Sejauh ini belum ada obat khusus untuk mengobatinya, namun bagi orang yang terkena bakteri E. coli disarankan untuk banyak beristirahat dan minum air putih,” jelasnya.

Tak hanya itu, mengkonsumsi air putih juga sangat dibutuhkan agar tubuh bisa lekas pulih. Sangat tidak disarankan mengkonsumsi obat anti-diare atau antibiotik bagi orang yang terkena bakteri E. coli, sebab bisa memperlambat sistem pencernaan dan mempersulit pembuangan racun. (trj/may)