Ketahui Ciri-Ciri Kampas Rem Kendaraan yang Sudah Aus

1714

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Rem merupakan salah satu komponen kendaraan yang wajib dilakukan perawatan berkala, bahkan diganti. Pasalnya kampas rem bisa menipis alias aus dan membayakan pengendaranya.

Kampas rem kendaraan umunya berada di dalam bagian kerangka kendaraan. Oleh karena itu, sangat sulit dilihat ataupun dijangkau menggunakan tangan kosong.

Untuk mengecek keadaan rem memang dibutuhkan peralatan pendukung untuk membuka kerangka kendaraan. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu cukup lama.

Lantas, bagaimana cara mengetahui aus tidaknya rem pada kendaraan?

Jangan bingung! Meski rem kendaraan tidak mudah dilihat, dinukil dari beberapa sumber ada ciri-ciri yang menandakan kampas rem sudah aus.

Apa saja?

1. Pedal Rem Terasa Lebih Dalam

Ciri yang bisa dirasakan pertama kali saat rem sudah aus adalah saat menginjak pedal rem atau tuas. Dikarenakan kampas rem yang semakin menipis, celah antara kampas dan tromol akan semakin lebar.

Hal ini akan menyebabkan jarak pengereman semakin jauh yang berimbas pada pedal rem yang terasa lebih dalam. Apabila sudah merasakan ciri-ciri ini, segera saja cek keadaan kampas.

2. Kampas Rem Mengeluarkan Bunyi yang Nyaring

Jika kondisi di atas diabaikan, maka permasalahan bisa berlanjut pada bunyi gesekan di area belakang kendaraan. Memang, sebagai benda yang bergesekan, bunyi rem pasti ada.

Namun jika kampas masih tebal, maka bunyi gesekan rem tidak akan terdengar. Tanda ini bisa saja mengindikasikan kerusakan pada sistem pengereman pada kendaraan.

3. Muncul Bau Terbakar dari Bagian Belakang Kendaraan

Apabila kedua ciri di atas diabaikan, maka akan muncul ciri ketiga yang lebih serius. Adalah muncul Bau Terbakar dari Bagian Belakang Kendaraan.

Apabila kampas rem habis, maka saat dilakukan pengereman sepatu rem akan bergesekan langsung dengan tromol yang juga berbahan besi. Sehingga gesekan tersebut tidak akan menimbulkan efek braking, namun akan menimbulkan efek terbakar. (trj/may)