Dulu Jamban Warga, Kini Disulap Jadi Sumber Penghasilan

2050

Lumajang (WartaBromo.com) – Wisata Kali Sejuk yang berlokasi di Dusun Darungan, Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang tiba-tiba jadi lokasi wisata yang diminati warga Lumajang. Alhasil, sungai ini membawa manfaat, utamanya bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Kali Sejuk versi dulu merupakan lokasi yang kotor dan kumuh. Bahkan digunakan sebagai tempat BAB warga sekitar. Tak hanya itu, dulunya kawasan Kali Sejuk tersebut merupakan jalan setapak yang digunakan penduduk sekitar untuk menuju desa tetangga. Bahkan, sempat menjadi jalur rawan karena digunakan sebagai jalan lintas pencurian hewan.

Namun sejak beberapa bulan terakhir, sungai ini bertransformasi menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi. Sungai ini diperindah oleh pemerintah desa setempat, dan disulap jadi lokasi wisata.

Salah satu pemilik warung di Kali Sejuk, Dewi mengaku mendapatkan manfaat dari pembangunan wisata Kali Sejuk. Dirinya yang dulu hanya Ibu Rumah Tangga mengaku mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan setelah membuka warung di Kali Sejuk.

“Dulu ini sepi, ya dibangun Kali Sejuk ini Alhamdulillah punya penghasilan untuk keluarga,” terangnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Desa Purwosono maupun Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah membantu warga untuk mendapatkan pengasilan.

Sementara itu, Kepala Desa Purwosono, Hendrik Dwi Martono mengatakan sedikitnya ada sekitar Rp720 juta perputaran uang yang ada di Kali Sejuk sejak pertama kali dibuka untuk umum.

“Kita ambil rata-rata Rp800 ribu per hari per warung, kalau ditotal dari keseluruhan perputaran sekitar Rp8 juta perhari. Kalau dihitung dari sejak pertama dibuka, kami hitung sekitar Rp720 juta perputaran uang di sini,” singkatnya.

Kini Kali Sejuk sudah tak lagi digunakan sebagai jamban warga. Sungai jadi lebih terawat dan bisa digunakan untuk bermain air oleh pengunjung karena kejernihan sumber mata airnya. (rul/may)