Satu Peserta Positif Covid-19 Usai Pulang Ziarah, Ratusan Warga Trajeng Jalani Swab

6580
Petugas melakukan tes swan antigen peserta ziarah wali di Trajeng, Sabtu (19/6/2021). Foto: Romadoni.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan warga di Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan di swab antigen massal, Sabtu (19/6/2021). Hal itu dilakukan setelah 109 warga melakukan ziarah wali 5.

Menurut pantauan Wartaabromo di lokasi, ada ratusan warga di RW 3 dan RW 1, Kelurahan Trajeng yang bergantian untuk melakukan swab antigen tepat di pemukiman warga.

Sunaryo, Lurah Trajeng mengatakan, swab antigen ini dilakukan setelah ratusan warga di RW 1 melakukan ziarah ke wali 5, dengan tujuan, Surabaya, Gresik, Lamongan dan tuban. Sepulang dari ziarah, ada 2 warga yang mengeluh sakit.

“Yang di swab ini adalah rombongan ziarah wali lima Mas,” ujarnya saat dimintai keterangan WartaBromo.com.

Dari 2 warga yang mengeluh sakit setelah pulang ziarah, satu diantaranya meninggal dengan hasil swab positif covid-19. Selain itu, satu warga lainnya meninggal sebelum melakukan swab.

“Satu warga yang ikut ziarah diketahui meninggal dengan hasil swab positif covid-19,” katanya.

Dian Puspita, kepala Puskesmas Trajeng mejelaskan, upaya tracing dilakukan untuk mencegah adanya kluster baru di wilayah pemukiman warga. Untuk itu, 109 warga yang mengikuti ziarah ke berbagai daerah itu harus melakukan swab.

“Untuk mencegah adanya kluster baru,” katanya.

Sampai saat ini, kegiatan swab massal itu masih dilakukan. Oleh karena itu, hasil dari swab antigen tersebut masih menunggu semua warga yang mengikuti ziarah di swab. (don/asd)