Enam Ribu Warga Divaksin Massal

749

Probolinggo (WartaBromo) – Enam ribuan warga di Kabupaten Probolinggo menjalani vaksinasi secara serentak pada Sabtu, 26 Juni 2021. Pelaksanaannya dilakukan di berapa tempat mengingat terjadi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah ini.

Data dari Satgas Penanganan Covid-19 setempat, ada 6.920 orang yang tercatat mengikuti vaksinasi itu. Baik anak muda maupun orang tua atau lansia.

Mereka tercatat divaksin di 30 tempat berbeda, seperti kantor kelurahan, kantor desa, Puskesmas, dan kantor Satlantas Polres Probolinggo. Di setiap lokasi disediakan door prize, guna memancing animo masyarakat.

“Hari ini secara serentak dilaksanakan vaksinasi di 30 lokasi. Sebagai upaya menyukseskan program 1 juta vaksin yang serentak dilakukan hari ini di seluruh Indonesia. Rangkaian dari HUT Bhayangkara ke 75,” sebut Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Kadhafi, saat meninjau vaksinasi di Kantor Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan pada Sabtu, 26 Juni 2021.

Baca Juga :   Hasil Tes Pertama Negatif, 4 Pasien PDP Tetap Jalani Isolasi di RSUD Bangil

Ada sekitar 450 petugas vaksinasi yang dilibatkan. Yakni dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Kodim dan Polres Probolinggo. “Vaksinasi akan terus kami galakkan sampai stoknya habis, ya harapannya tercipta kekebalan komunal yang nantinya mampu memutus penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Saat ini, ada 117 kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Secara kumulatif ada 3.346 warga terinfeksi virus Korona, dengan catatan 196 meninggal dunia dan 3.033 orang dinyatakan sembuh, sisanya masih dirawat.

“Perkembangan Covid-19 ada peningkatan pada kasus-kasus baru. Memang kasusnya merangkak naik, mudah-mudahan tidak seperti daerah lain yang melonjak. Mudah-mudahan bisa dikendalikan. Ada 4 rumah sehat yang kami siapkan,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tjahjono.

Baca Juga :   Warung di Kota Probolinggo Terbakar, 3 Motor Ludes

Selain vaksinasi massal, Satgas Covid-19 akan memperketat operasi yustisi. “Tentunya selain vaksinasi, kami akan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan dengan menggelar operasi yustisi. Diharapkan ada kesadaran dari masyarakat untuk melaksanakan 5 M,” tandas Kapolres Probolinggo. (cho/saw)