Ini Tanda Bearing Motor Rusak yang Penting Diketahui

807

Pasuruan (wartabromo.com) – Tanda bearing motor rusak perlu diketahui bagi setiap pengguna sepeda motor. Pasalnya, ini menjadi bagian penting dalam kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Bearing atau lebih dikenal dengan laher, keberadaannya sering disepelekan mengingat bentuknya yang kecil. Namun, bearing sendiri berfungsi sebagai penggerak roda motor. 

Tak ayal, jika terjadi kerusakan, jelas akan sangat mengganggu. Lantas, apa saja tanda-tanda bearing motor yang sudah rusak? 

Dinukil dari kompas.com, begini tandanya: 

1. Putaran Roda Terasa Tidak Maksimal 

Tanda yang pertama kali dapat dilihat adalah dengan merasakan putaran roda. Jika putaran roda telah menunjukkan ketidaknyamanan lagi, maka ada kemungkinan bearing terjadi kerusakan. 

Baca Juga :   Ditabrak Motor dan Terjatuh dari Boncengan, Bocah 4 Tahun Tewas Terkena Roda Pikap

Hanya saja, tanda ini diperuntukkan bagi pengendara yang memiliki kepekaan terhadap kondisi motor saat digunakan. Sedangkan sebagaimana diketahui, tidak semua pengendara motor dapat menggunakan feeling.

2. Poros Roda Motor yang Sudah Longgar 

Ketika poros roda motor longgar, maka sudah dapat dipastikan jika bearing motor mengalami kerusakan. Untuk mengetahui tanda ini cukup mudah dilakukan. Langkah awalnya dengan menggoyang-goyangkan roda motor ke kanan dan ke kiri. 

3. Suara Roda Motor Kasar 

Ketika sedang mengendarai sepada motor dan menemukan suara kasar pada roda motornya, maka segeralah waspada. Suara kasar pada roda motor ini menandakan bearing motor yang rusak.

Akan lebih terasa lagi jika motor digunakan pada jalanan bergelombang dan berlubang. Suara kasar ini akan semakin terdengar jelas 

Baca Juga :   Diingatkan Agar Tak Kebut-Kebutan, Pemuda Asal Gadingrejo Ngamuk Aniaya Warga

Tidak hanya itu saja, saat motor digunakan dalam kecepatan yang tinggi suara kasar juga akan terdengar semakin bergemuruh. (trj/may)