Begini Suasana Salat Idul Adha di Masjid Jamik Kota Pasuruan

4783
Seorang jemaah mengikuti salat Idul Adha di Masjid Jamik Kota Pasuruan dari taman depan masjid. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Salat Idul Adha digelar di Masjid Agung Al Anwar, Kota Pasuruan pada Selasa (20/07/2021). Namun pelaksanaan salat Idul Adha ini dibatasi khusus untuk warga Kota Pasuruan.

Pantauan WartaBromo, sejak pukul 06.00 WIB, masjid yang terletak di kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan ini sudah menggemakan takbir. Jemaah juga sudah mulai berdatangan.

Di beberapa sisi masjid tampak sejumlah personel dari kepolisian, TNI hingga Satpol PP melakukan penyekatan. Hampir semua jemaah yang datang mengenakan masker.

Oleh polisi dan Satpol PP, para jemaah diimbau untuk masuk ke dalam masjid dan tidak salat di luar masjid. Sementara itu di dalam masjid sendiri, hingga salat dimulai, jemaah memang banyak. Namun tidak sepenuh pelaksanaan salat-salat Idul Adha sebelumnya.

Semua jemaah salat tertampung di dalam masjid. Tidak ada jemaah yang sampai keluar dan melaksanakan salat di jalan raya depan masjid, meskipun ada beberapa yang memilih salat di taman alun-alun.

Ditemui di lokasi, Kasat Pol PP Kota Pasuruan, Nur Fadholi mengatakan, dalam pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Agung Al Anwar ini, memang diberlakukan pembatasan.

“Yang salat di sini diprioritaskan hanya warga sekitar sini atau warga Kota Pasuruan saja. Yang dari luar kota, putar balik karena disekat,” kata Fadholi.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengimbau agar masyarakat Kota Pasuruan melaksanakan Salat Idul Adha di rumah saja. Hal ini juga berdasar dari surat edaran yang telah diterbitkan Gubernur Jawa Timur.

Penyembelihan hewan qurban, kata Gus Ipul, dilakukan di rumah potong hewan. Dan jika kapasitas rumah potong hewan tidak mencukupi, bisa disembelih di tempat masing-masing namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. (tof/asd)