Begini Tips Memilih Aki Mobil yang Berkualitas

590

Pasuruan (wartabromo.com) – Bagi pemiliki kendaraan roda empat, pastinya ingin memberikan kompenen terbaik untuk kendaraannya, salah satunya adalah aki. Adanya aki mobil yang berkualitas akan memperpanjang usia mobil dan menjaga mesin tetap terawat.

Membahas hal ini, ternyata masih banyak pecinta otomotif yang tidak tahu tips memilih aki mobil berkualitas. Kebanyakan pasti terbuai dengan kata-kata penjual abal-abal. 

Lantas, bagaimana tips memilih aki mobil yang berkualitas agar peforma mobil tetap terjaga? 

Dinukil dari beberapa sumber, berikut tipsnya: 

1. Beli di Toko Terpercaya 

Toko yang terpercaya tentunya akan menjual aki mobil yang rework. Serta, bisa meminta penjual untuk memberikan rekomendasi aki mobil yang cocok untuk mobil yang dimiliki. 

2. Beli Aki yang Sesuai dengan Spesifikasi Mobil 

Pastikan saat membeli aki mobil mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh buku manual mobil. Konsultasikan juga dengan bengkel resmi mobil tentang tipe aki mobil seperti apa yang dibutuhkan. 

3. Pilih Jenis Aki Sesuai Kebutuhan 

Ada 2 jenis aki mobil di pasaran, aki kering dan aki basah. Pemilihan mau memakai aki basah atau aki kering semua tergantung kebutuhan pengguna. 

Jika pemilik mobil adalah orang yang cenderung tidak sempat merawat mobil, misalnya karena sibuk kerja, sebaiknya menggunakan aki kering. Kenapa? karena aki kering ini tidak perlu perawatan rutin. Sedangkan, jika sebaliknya maka gunakan saja aki basah. 

4. Pertimbangkan Merk Aki Mobil 

Ada banyak aki mobil yang bagus dan berkualitas di pasaran yang dapat dipilih untuk mobil. Namun, akan lebih baik untuk memilih merk-merk aki yang memang sudah terpercaya di pasaran. 

5. Hindari Membeli Aki Rekondisi 

Satu hal lagi yang penting dalam tips memilih aki mobil berkualitas adalah pastikan untuk tidak membeli aki rekondisi atau bekas. Aki rekondisi hanya akan menimbulkan permasalahan pada mobil di kemudian hari. (trj/may)