Meteor Raksasa Jatuh ke Bumi, Kilat Cahaya dan Ledakan Hiasi Langit Norwegia

1600

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Sebuah meteor jatuh dan menghantam bumi pada Minggu, 25 Juli. Meteor ini kemudian terbakar di langit Norwegia dan menyebabkan langit menjadi terang selama beberapa saat pada malam hari.

Penampakan ini terlihat pada pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Sebuah kamera web di Holmestrand, Oslo menangkap bola api berukuran raksasa yang jatuh dari langit. Metor raksasa ini kemudian meledak menjadi sebuah kilatan terang.

Jaringan Meteor Norwegia kemudian menganalisis rekaman ini. Dalam laporan awal, diduga meteorit ini menghantam Bumi di daerah hutan yang disebut Finnemarka. “Ini Gila,” ujar Morten Bilet, anggota Jaringan Meteor Norwegia dilansir dari Detik.

Saat ini ahli masih belum menemukan adanya puing dari meteor itu. Bilet menyebut, lokasi jatuhnya meteor ini sangat luas. Sehingga butuh sekitar 10 tahun untuk bisa menemukan puing ini.

“Apa yang kami alami tadi malam adalah sebuah batu besar yang bergerak kemungkinan dari antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid (Tata Surya). Dan Ketika (meteor) mendesing (di atmosfer) membuat gemuruh. (Hal ini) membangkitkan minat dan kegembiraan besar di antara kami (para ahli) dan mungkin ketakutan di antara yang lain,” lanjutnya.

Meski demikian, belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa hingga berita ini ditulis. Namu kata Bilet, menurut orang-orang yang melihat langsung, kejadian ini cukup seram. (may/ono)