Mencontek Cara Kawula Muda Mencari Uang

544
“Pandemi membuat pekerjaan yang dilakukan secara offline dibatasi. Alhasil pemasukan pun berkurang. Namun beberapa dari kaum muda tak merasakan dampak tersebut. Apalagi jika pekerjaan yang dilakukannya secara online.”

Laporan: Maya Rahma

SEKARANG ini semua sektor terhantam pandemi Covid-19. Cari uang yang dari awal sudah susah, sekarang makin susah. Tapi bagaimanapun, kita tetap harus beradaptasi. Apalagi jika cara mencari uang secara offline semakin sulit dilakukan.

Mencari uang secara online, jadi salah satu andalan di masa pandemi. Salah satunya dilakukan oleh Viny W. Rosy. Anak muda asal Lumajang ini mengungkapkan berbagai tips untuk mencari uang secara mudah dari media online.

Viny begitu sapaan akrabnya bercerita, Ia merupakan salah satu pegawai pemerintahan Non PNS. Selain itu, Ia juga punya pekerjaan tambahan dari online.

“Alhamdulillah, side job hasilnya lebih banyak sih dari job utama,” katanya saat Live di Instagram WartaBromo dalam Program Muda(h) Cari Cuan pada Minggu (25/07/2021).

Selain jadi pegawai pemerintah Non PNS, Viny juga merupakan Master of Ceremony, Voice Over Talent dan Translator. Namun saat ini, Ia sedang fokus di project penerjemah.

“Saya translate novel online dari Inggris ke Indonesia,” katanya.

Pekerjaan ini kata Viny bisa dilakukan di mana saja. Klien cukup mengirimkan file yang akan diterjemahkan kepadanya, kemudian hasil dari terjemahan itu dikirim balik oleh Viny. Tentu semua ini dilakukan secara online.

“Sekarang itu banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Asalkan kita rajin mencari. Ada banyak situs freelancer yang tersedia,” lanjutnya.

Saat ditanya bagaimana caranya mendapatkan klien, duta cerita Habibi Center ini mengatakan, kuncinya ada di jejaring. Pertemanan yang luas membuat Viny mudah mendapatkan job.

“Tunjukkan kepada teman kita, kalau kita itu berbakat dalam bidang tertentu. Kemudian cari juga lingkungan pertemanan yang baik dan saling menguntungkan,” tambah perempuan muda ini.

Viny kemudian memberikan tips untuk pemula yang baru mau mencari uang melalui online. Pertama, Ia harus melakukan branding diri. Tunjukkan bakat atau kemampuan yang dimiliki melalui media sosial. Seperti Instagram, facebook atau juga LinkedIn.

Kedua, buat portofolio. Apabila masih belum memiliki pengalaman sama sekali, buat kolaborasi bersama teman terkait project tertentu.

Ketiga, terima setiap penawaran sekecil apapun itu. Viny menyebut, project-project kecil ini bisa dijadikan sebuah pembelajaran bagi para pemula. Selain bisa menambah pengalaman, juga memperluas jejaring pertemanan.

Terakhir, perluas jejaring. Pertemanan bisa jadi salah satu ladang untuk mencari cuan. Perluas pertemanan kita, dan berlaku supel atau friendly, bisa membuat banyak peluang masuk ke kita. (*)