Viral Video Ibu-Ibu di Kejayan Gotong Keranda Mayat untuk Tolak Bala

4064

 

Kejayan (WartaBromo.com) – Sebuah video viral di media sosial berisikan ibu-ibu yang menggotong keranda mayat di Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Peristiwa ini disebut-sebut sebagai tradisi masyarakat lokal untuk tolak bala.

Pantauan WartaBromo, video tersebut viral melalui media sosial Facebook pada hari Rabu (28/07/2021). Si pengunggah video tersebut di Facebook, menambahkan tulisan:

“Innalillahiwainnailaihirojiuunnn… Seng gotong wong wedok gae syarat cek gak ada berita duka lagi (Innalillahiwainnailaihirojiuunn.. yang gotong orang perempuan untuk syarat supaya tidak ada berita duka lagi),” tulis akun tersebut. Tak hanya itu, akun tersebut juga menuliskan lokasi peristiwa di Desa Klangrong, Kecamatan Kejayan.

Tampak dalam video tersebut ada sejumlah ibu-ibu berjilbab menggotong keranda. Ada pula beberapa laki-laki yang mengikuti ibu-ibu tersebut. Mereka berjalan di sebuah jalan dekat areal persawahan.

Kepala Desa Klangrong, Rosidi membenarkan bahwa peristiwa dalam video tersebut terjadi pada hari Rabu kemarin di desanya.

“Ya benar itu kejadiannya hari Rabu. Yang meninggal perempuan karena sakit,” kata Rosidi.

Menurut Rosidi, yang dilakukan warga dalam video tersebut adalah semacam tradisi dan sekaligus ikhtiar yang dipercayai untuk tolak bala, karena dalam beberapa hari belakangan banyak orang meninggal dunia.

Belakangan ini di Klangrong, kata Rosidi, dalam sehari orang meninggal terkadang bisa dua sampai tiga orang. Warga berharap segala bentuk ikhtiar yang dilakukan bisa menghindarkan diri dari segala penyakit.

“Cuman sekali itu aja, Mas. Sebelum-sebelumnya tidak pernah. Sebab di desa kan banyak orang meninggal. Katanya orang tua-tua itu buat tolak bala,” imbuh Rosidi. (tof/may)