Covid-19 Sebabkan 5.000 Anak di Jatim Jadi Yatim Piatu

1100

Surabaya (WartaBromo.com) – Covid-19 merenggut banyak nyawa warga di Jawa Timur. Akibatnya, sekitar 5.000 anak di Jatim diperkirakan jadi yatim piatu.

Hal ini diungkapkan Andriyanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Jatim.

Berdasarkan data tanggal 1 Agustus 2021, terkonfirmasi Covid-19 di Jatim mencapai 308.429 kasus. Dari jumlah tersebut, 20.331 warga meninggal dunia.

“Diperkirakan ada 5.082 anak menjadi yatim piatu dengan asumsi seperempat jumlah penduduk Jatim anak usia 0-18 tahun,” katanya dilansir dari CNN.

Pemprov kemudian akan melakukan pendataan lebih lanjut terkait hal ini. Tak hanya itu, akan ada kerja sama dengan beberapa forum anak terkait pendampingan psikologis.

“Anak-anak tersebut juga akan didampingi oleh pendamping psikolog untuk dilakukan asesmen dan penguatan psikis selama pandemi berlangsung,” tambah Andriyanto.

Selaras, saat ini Dinas Sosial Jatim sedang melakukan pendataan terhadap anak yatim piatu. Pendataan ini disertai pendampingan dan bantuan.

“Saya pada upaya penyelamatan, ketemu lima, lima akan diselamatkan. Ketemu tujuh, tujuh yang akan diselamatkan,” tegas Alwi, Kadinsos Jatim. (may/ono)