Tak Usah Takut! Ini Fakta Menarik Hiu Tutul 

3226

Pasuruan (wartabromo.com) – Kawanan hiu tutul tampak kembali di perairan Pasuruan sejak pertengahan Juli 2021. Kemunculan biota laut ini tentu menyita perhatian masyarakat.

Ada yang merasa penasaran ingin melihat lebih dekat, dan ada pula yang takut. Nah, tak perlu takut, Bolo! Pasalnya, hiu dengan nama ilmiah Rhincodon Typus ini tidak berbahaya, lho!

Bahkan, dinukil dari beberapa sumber hiu tutul memiliki fakta-fakta menarik. Apa saja? Yuk, simak!

1. Merupakan Ikan Terbesar di Dunia 

Seperti yang sudah di ketahui hiu Tutul memang merupakan ikan terbesar di dunia. Hiu Tutul memiliki panjang tubuh rata – rata 5.5 hingga 10 meter dan bisa tumbuh sepanjang 12 meter.

Baca Juga :   Hiu Paus Terjebak Kanal PLTU, Aktivis Sebut Lalai

Berat hiu tutul juga bisa mencapai lebih dari 18 ton loh, Bolo. Sebab ukurannya yang sangat besar, tak heran jika hiu tutul cenderung bergerak dengan lambat.

2. Suka Tinggal di Perairan yang Hangat 

Hiu Tutul lebih suka tinggal di perairan laut yang hangat. Setiap tahunnya hiu Tutul juga selalu melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat baru.

Dalam sebuah penelitian dikatakan, ikan hiu Tutul pernah menempuh jarak sejauh 8.000 mill atau sekitar 12.800 kilometer selama 37 bulan.

3. Raksasa Laut yang Berhati Lembut 

Walaupun ikan hiu Tutul memiliki badan yang sangat besar, tetapi jenis biota laut satu ini terbilang jinak dan tidak berbahaya lho, Bolo. hiu Tutul ini tidak menunjukkan sikap agresif sama sekali ketika didekati.

Baca Juga :   Evakuasi Hiu Tutul Libatkan Pasukan Katak

4. Tidak Menggigit Makanan 

Ikan hiu dikenal sebagai ikan predator yang terbiasa mengejar dan mencabik-cabik mangsanya, bukan? Nah, berbeda dengan hiu tutul, meski ikan yang satu ini memiliki ratusan gigi kecil nan tajam, dan mulutnya besar, hiu tutul tak pernah menggigit ataupun mengunyah makanannya. (trj/may)