Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pasuruan Masih 20 Persen

885

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pasuruan masih jauh dari target herd imunity (kekebalan komunitas). Di mana, dari target vaksinasi terhadap 70 persen penduduk, saat ini masih tercapai 20 persen.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron saat mengunjungi vaksinasi dosis kedua yang digelar Polres Pasuruan di Kebun Raya Purwodadi, Sabtu (7/8/2021).

Gus Mujib, sapaan akrab wabup, mengakui capaian vaksinasi di Kabupaten Pasuruan masih rendah. Meski animo masyarakat yang ingin mengikuti vaksinasi cukup tinggi.

“Kita terus terang saja, masih 20 persen,” tutur Gus Mujib

Jika vaksinasi menarget 70 persen dari total jumlah penduduk, maka setara dengan sekitar 1.120.000 penduduk. Dan seperti disampaikan Gus Mujib, capaian vaksinasi masih 20 persen dari target, atau setara dengan sekitar 220 ribu.

Oleh sebab itu, Satgas Covid-19 setempat terus menggenjot vaksinasi. Baik melalui fasilitas kesehatan pemerintah, maupun TNI-Polri, dan Kejaksaan.

Untuk itu, Mujib mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti vaksinasi Covid-19. Agar tercapai herd imunity masyarakat, sekaligus ekonomi bisa tetap berjalan.

“Segera ikuti vaksin di mana-mana yang terdengar ada vaksinasi, atau kah di puskesmas masing-masing,” ucapnya.

Adapun tentang stok vaksin yang tersedia, Gus Mujib mengatakan, guna mencukupi kebutuhan vaksin Covid-19 di Kabupaten Pasuruan, Satgas terus mengupayakan meminta jatah vaksin ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Ini juga termasuk PR, termasuk distribusi vaksin. Kami, Bupati, Kajari, Kapolres, Dandim dan terus berusaha untuk mencukupi kebutuhan vaksin. Karena dari Jawa Timur tidak hanya turun Kabupaten Pasuruan saja,” tambahnya. (oel/asd)