Pasuruan Peduli Bangsa, Sobatku 87 Gelar Donor Plasma Konvalesen di Taman Ria Suropati

1757

Pasuruan (WartaBromo.com) – Alumni SMPN 1 Pasuruan angkatan ’87 (Sobatku ’87) punya acara kemanusiaan dalam memperingati HUT RI ke-76. Mereka menggelar acara donor plasma konvalesen bertajuk “Pasuruan Peduli Bangsa” di Taman Ria Suropati, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (17/08/2021).

Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra, selaku penanggung jawab penuh acara ini mengatakan, acara donor plasma konvalesen ini diberi judul Dora Utami (Donor Darah untuk Atasi Pandemi).

Teddy, yang juga merupakan alumni SMPN 1 Pasuruan angkatan ’87 mengaku, dalam acara ini merangkul sejumlah relawan dari komunitas lain yang ada di Kota Pasuruan.

“Wabil khusus di kota asal kelahiran saya dan di mana saya besar. Ini donor darah konvalesen dan donor darah reguler,” kata Teddy.

DORA UTAMI: Suasana acara Donor Darah untuk Atasi Pandemi.

Dalam acara tersebut juga dilakukan revitalisasi Satgas Covid di tubuh timnya. Acara donor darah ini juga didukung penuh komunitas Harley Davidson (HDCI), kawan sekolah, komunitas bikers, relawan Semeru, dan masyarakat umum.

Selain itu, juga dilakukan bakti sosial kepada pejuang, tali asih kepada guru-guru.

Menurut Teddy, donor darah ini sebenarnya dibuka untuk umum. Namun diprioritaskan bagi alumni SMPN 1 Pasuruan angkatan ’87. Kegiatan plasma konvalesen dinilai sangat penting saat ini. Apalagi banyaknya pasien Covid-19 kritis yang kesulitan mencari plasma konvalesen yang cocok dengan dirinya.

SIAP SIAGA: Panitia Satgas Covid-19 Sobatku ’87 dan petugas siap siaga dalam acara Selasa pagi.

Untuk itu, acara yang diinisiasi oleh Sobatku ’87, kata Teddy merupakan bentuk kepedulian serta bakti terhadap negara dan kemanusiaan dalam berpartisipasi menangani Covid-19.

“Sekarang juga momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kami bisa berkegiatan sosial. Para penyintas Covid-19 mau mendonorkan darahnya,” ujar Teddy.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari ini diikuti oleh ratusan pendonor. Donor darah reguler didapatkan 137 kantong, sementara donor darah konvalesen didapatkan 20 kantong.

Sementara itu Humas PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono mengatakan, sejak pandemi stok darah di PMI Kabupaten Pasuruan mengalami penurunan drastis hingga 60 persen.

KEMANUSIAAN: Acara donor darah yang dikomandoi Irjen Pol. Teddy Minahasa ini demi kemanusiaan dan bangsa Indonesia.

Pihaknya mendukung penuh acara donor darah yang digelar Sobatku ’87 ini. Dengan acara ini diharapkan, dapat menambah persediaan stok darah reguler maupun plasma konvalesen.

“Donor darah di masa pandemi, kita tetap harus memerhatikan protokol kesehatan. Kita harus tahu tentang calon pendonor, bagaimana kondisi mereka, sebelum mendonorkan darah,” kata Soni. (tof/day/*)