Peringatan Kemerdekaan RI ke 76, Pemuda Sukapura Serukan Aksi Pelestarian Alam

434

 

Sukapura (wartabromo.com) – Peringatan Kemerdekaan RI ke 76 di Sukapura, berlangsung sederhana tapi cukup meriah. Tak sekedar peringati kemerdekaan, pemuda setempat juga serukan aksi pelestarian alam.

Lokasi peringatan Kemerdekaan RI ke 76, digelar di tebing Air Terjun Umbulan, Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Medan terjal dan suasana rimbun pepohonan, menjadi ciri khas lokasi pengibaran bendera merah putih raksasa. Di air terjun Umbulan, Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Ada alasan khusus, mengapa lokasi itu dipilih pemuda setempat untuk pengibaran sang saka merah putih. Di antaranya, merupakan sumber mata air yang digunakan oleh sebagian warga Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, medan yang sulit mendidik kami untuk merasakan juga, perjuangan para pahlawan bangsa ini. Dalam mewujudkan kemerdekaan ini, 76 tahun silam,” kata koordinator pemuda, Cukup Affandi, Selasa (17/8/2021).

Butuh perjuangan keras dan keahlian khusus, untuk bisa mengibarkan bendera berukuran 6×12 meter itu. Terutama ketika memasang sling baja antara dua tebing curam. Dengan ketinggian mencapai sekitar 75 meter. Vegetasi yang masih rapat, membuat tim harus memutar otak.

Jerih payah untuk bisa mengibarkan sang saka merah putih itupun, mengandung filosofi. Yakni secuil pengalaman dan perjuangan untuk meraih sesuatu. Memang, perjuangan yang dilakukan kini, tak sama dengan perjuangan dan kegigihan pahlawan terdahulu negeri ini.

Namun diharapkan bisa menjadi tauladan, agar generasi muda tidak mensia-siakan kemerdekaan yang telah ada. Melalui peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 di air terjun umbulan ini, warga dan pemuda setempat berharap, masyarakat lebih mencintai lingkungan.

Terlebih pada sumber air yang menyuplai kebutuhan air bersih selama ini. Agar sumberdaya itu tidak rusak, dan lestari sampai pada anak cucu di masa depan. (lai/saw)