Kabar Baik! Perilaku Memakai Masker di Pasuruan Cukup Bagus

571

Pasuruan (wartabromo.com) – Kesadaran para pedagang dan pembeli di Pasar-Pasar Tradisional di Kabupaten Pasuruan untuk memakai masker, semakin membaik.

Hal ini terlihat saat aksi bagi-bagi masker dan face shield di sejumlah pasar di Kabupaten Pasuruan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Gus Mujib alias GM beberapa waktu lalu.

Hampir selama satu jam blusukan ke sudut-sudut pasar, ratusan masker yang ia bawa tak sampai habis. Pasalnya, rata-rata para pedagang maupun pembeli yang berinteraksi di dalam pasar sudah memakai masker.

Bahkan, cara memakai masker pun sudah benar, yakni menutup hidung dan mulut.

Menurut Gus Mujib, hanya sebagian kecil pedagang yang tak memakai masker dengan benar, lantaran ketika mau makan atau minum, mereka hanya menurunkan maskernya ke dagu atau leher.

“Saya lihat ada anak kecil yang datang bersama orang dewasa juga memakai masker. Para pedagang dan pembeli yang pakai makser. Makanya masker yang saya bawa banyak ini gak habis,” akunya.

Melihat semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya memakai masker, Gus Mujib optimis kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pasuruan berangsur-angsur turun secara berkelanjutan.

Terlebih saat ini, masyarakat sudah mengakui bahwa virus corona itu ada, setelah tetangga, saudara, keluarga dan handa taulan banyak yang terpapar, bahkan sampai meninggal dunia.

“Saya ikut bahagia melihat para pedagang dan masyarakat sudah banyak yang memakai masker. Sudah tahu bagaimana menyelamatkan diri dari virus corona. Insya Allah kalau begini terus, lama kelamaan virus ini akan hilang,” jelasnya.

Meski berangsur membaik, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan tak akan pernah lelah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal prokes (protokol kesehatan). Kata GM, sosialisasi akan terus dilakukan dengan menggandeng pihak-pihak lain yang terketuk hatinya untuk membantu Pemerintah menuntaskan Pandemi Covid-19.

“Kami akan terus terbuka untuk pihak manapun yang mau bergabung dan ikut peduli terhadap kondisi saat ini. Sudah banyak yang membantu, dan untuk yang belum, mari kita sama-sama bersatu padu menuntaskan wabah ini,” harapnya.

Selain memakai masker, kesadaran masyarakat untuk vaksinasi juga semakin melesat. Bahkan, tak sedikit warga yang mencari tahu informasi jadwal vaksin ke berbagai tempat. Mulai dari puskesmas, kantor desa, kelurahan, kecamatan hingga polsek dan koramil. (mil/yog)