Pemkot Pasuruan Lakukan Normalisasi Sungai Petung

705

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan mulai lakukan normalisasi Sungai Petung. Ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, normalisasi awal ini dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Sumber Daya Air Jawa Timur.

Untuk tahap awal ini, normalisasi dilakukan di sekitar jembatan Sungai Petung, yakni di sisi selatan dan sisi utara jembatan. Dinas Sumber Daya Air melakukan pendalaman dan pelebaran sungai sepanjang 200 meter.

“Di sisi utara dan selatan jembatan selama ini terjadi penyempitan dan pendangkalan,” kata Gus Ipul.

Sungai Petung sendiri melintasi dua wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Pasuruan. Sungai tersebut memanjang 8 km mulai Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan sampai wilayah pesisir Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Rp 35, 9 Miliar Digelontorkan untuk Normalisasi Kali Welang

Setiap musim penghujan, sungai ini kerapkali meluber hingga menyebabkan banjir di beberapa kelurahan di wilayah Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Bahkan luberan Sungai Petung ini beberapa kali sempat melumpuhkan jalur pantura.

Untuk tahap selanjutnya, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu mengatakan, pemkot akan melakukan normalisasi lanjutan. Selain itu ia juga merasa terbantu atas intervensi pemprov dalam melakukan normalisasi tahap pertama ini.

“Normalisasi tahap pertama sudah selesai. Terima kasih Bu Gubernur sudah membantu,” ujar Gus Ipul. (tof/asd)