3 Misteri di Dunia yang Tak Pernah Terpecahkan

4184

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Beberapa hal memang susah dijelaskan dengan nalar. Seperti beberapa hal di dunia yang keberadaannya masih menjadi misteri.

Banyak orang lebih suka dengan hal yang bisa diselesaikan dengan cepat secara logika. Namun kadang, juga perlu menyelesaikan masalah sampai tuntas sebelum hanya menjadi misteri.

Misalnya 3 misteri di dunia yang sampai saat ini tak pernah terpecahkan. Misteri-misteri tersebut tak bisa diselesaikan selama beberapa dekade walaupun oleh para ahli.

Lantas, apa saja misteri-misteri tersebut yang tak pernah terpecahkan? Dinukil dari liputan6.com, berikut diantaranya:

1. Makam Cleopatra

Penulis kuno mengklaim bahwa Cleopatra VII dan kekasihnya, Mark Antony, dimakamkan bersama di sebuah makam setelah kematian mereka pada 30 SM. Penulis Plutarch (45-120 M) menulis bahwa makam itu terletak di dekat kuil Isis, seorang dewi Mesir.

Serta, dikatakan pula makam Cleopatra tersebut merupakan monumen tinggi dan indah yang berisi harta karun yang terbuat dari emas, perak, zamrud, mutiara, kayu hitam, dan gading. Akan tetapi sampai saat ini lokasi makam tetap menjadi misteri.

2. Sinyal Wow!

Ahli fisika Cornell, Philip Morrison dan Giuseppe Cocconi, terkenal karena mencoba untuk membayangkan seberapa cerdasnya peradaban alien mencoba untuk menghubungi bumi. Mereka harus melihat transmisi radio.

18 tahun kemudian, prediksi itu menjadi kenyataan. Pada Agustus 1977, Jerry Ehman, peneliti sukarela dari Ohio State University memindai gelombang radio dari luar angkasa.

Ia berharap secara acak bisa bertemu dengan sinyal yang dikirimkan oleh alien cerdas, hingga akhirnya ia melihat alat pengukurannya menukik. Sinyal tersebut berlangsung selama 72 detik, periode waktu terlama yang pernah muncul dan ditransmisi dalam alat yang digunakan Ehman.

Sinyalnya sangat keras dan seperti dipancarkan dari tempat yang belum pernah dikunjungi manusia. Pada konstelasi Sagittarius dekat Bintang Tau Sagittari, 120 tahun cahaya jauhnya.

Ehman menulis kata “Wow!” di lembar asli penulisan sinyalnya sehingga para peneliti memberinya judul “Sinyal Wow!”. Semua usaha untuk melacak lokasi sinyal tersebut gagal, yang akhirnya menuju pada spekulasi dan misteri tentang asalnya.

Jadi apa maksud dari sinyal ekstraterestrial misterius ini? Apakah Ehman adalah manusia pertama yang menerima pesan dari luar angkasa? Sampai saat ini pun tak ada yang bisa memecahkan misteri dari pertanyaan tersebut.

3. Lubang di Pulau OAK

Selama lebih dari dua abad, cerita telah beredar bahwa Pulau Oak, yang terletak di lepas Nova Scotia, Kanada, memiliki lubang harta karun terpendam. Diduga, lubang berisi harta karun ini ditinggalkan oleh Kapten bajak laut William Kidd (1645-1701).

Selama waktu itu, banyak ekspedisi yang menelan biaya jutaan dolar telah melakukan perjalanan ke pulau itu untuk mencari harta karun yang hilang, tetapi tidak berhasil.

Meskipun berabad-abad mencari tidak ada harta karun yang ditemukan di Pulau Oak, namun hal itu tidak menghentikan orang untuk mencoba menemukannya. (trj/may)