Begini Suara Warganet soal Rencana Pemkab Pasuruan Belanja Masker Rp 100 Juta untuk Hari Jadi

623
Wanita bermasker oleh Freepik.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan menganggarkan Rp103 juta untuk pengadaan masker dalam rangka hari jadi yang ke-1092. Pengadaan masker yang bersumber dari APBD 2021 ini menuai sejumlah komentar warganet.

Dilihat dalam akun instagram WartaBromo, Jumat (3/9/2021), ada 30 komentar dalam unggahan tentang pengadaan masker tersebut. Sejumlah warganet menyayangkan rencana pengadaan masker yang dinilai terlalu besar angkanya.

“Mending tuku beras kek.no ng rakyat.e sng butuh,” kata akun mas_adz_afif03.

“Laah masker sudah banyak, gak makanan aja kaah. Misal sembako dll. Kan pada gak kerja,” sambung akun igustiayuariniwidias.

“Emane rek, mending beras buat yg membutuhkan,” timpal akun bagus_awr.

Sejumlah warganet justru melontarkan komentar satire terhadap rencana pengadaan masker ini. Salah satunya dari akun zainid4hlan.

“Sangat luar biasa patut diapresiasi. Pemkab sangat luar biasa dalam penanggulangan Covid19, sampai hari jadi kab pasuruan pun pesan masker ini tak lain tak bukan utk kepentingan rakyat/warga Pasuruan. *Bismilah kecipratan proyek,” tulisnya.

Sementara itu, salah satu warganet malah mempertanyakan transparansi anggaran yang rencananya digunakan untuk pengadaan masker ini.

“Berani ga transparan harga maskernya dapat harga berapa? Semua masyarakat tau harga masker. Biar bisa saling mengawasi,” kata akun saifulanwar5645.

Sejumlah komentar lucu juga dilontarkan warganet. Ada yang menyebut dengan uang Rp100 juta lebih, bisa dipakai masker rangkap 7.

“Auto maskeran rangkep 7,” tulis akun diyo_alif_07.

“Masker e digawe selimut,” tulis akun lain robi_ad14.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengaku belum mengetahui detail tentang rencana pengadaan ini. Laporan pengadaan juga belum diterimanya.

“Belum tahu saya, masih belum pasti,” kata Anang saat dikonfirmasi WartaBromo, Kamis (2/9).

Soal urgensi pengadaan masker untuk hari jadi Kabupaten Pasuruan yang ke-1092, Anang enggan menjawab detail. Ia hanya mengatakan, Anang belum menerima laporan tersebut.

“Saya belum dapat laporan detailnya bagaimana. Saya belum bisa menjelaskan, nanti keliru,” tuturnya.

Padahal dari pantauan WartaBromo di laman lpse.pasuruankab.go.id pada Rabu (1/9), pengadaan masker hari jadi ini menempel pada perangkat Sekretariat Daerah.

Bahkan sudah diketahui peserta yang ditunjuk dalam pengadaan masker. Yaitu, CV Global Kreasimedia, dengan harga penawaran dan harga terkoreksi Rp 103.122.250. (oel/asd)