Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat Untuk Pemula

748

Pasuruan (wartabromo.com) – Sejauh ini, menabung selalu menjadi persoalan yang dianggap sulit bagi pemula. Ada banyak hal dan penyebab yang membuat mereka enggan melanjutkan kebiasaan menabung.

Menurut Farnoosh Torabi, seorang penulis dan ahli keuangan, apabila seseorang masih merasa enggan menabung, bisa jadi cara yang diterapkan membosankan. Atau, bisa juga tidak ada prioritas penting yang ingin dicapai.

Lantas, bagaimana cara agar pemula bisa semangat menabung? Dilansir beberapa sumber, berikut ini cara menabung yang unuk dan bisa bikin pemula semangat:

1. Mulai Menabung dengan Nominal Kecil

Menurut Clark Howard, seorang pakar konsumen, menabung sebaiknya dimulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu. Kemudian lakukan secara rutin.

Baca Juga :   Diserbu Bawang Brebes, Harga Bawang Merah Probolinggo Anjlok

Pasalnya, Tidak banyak orang yang bisa menabung dalam jumlah yang besar. Jika belum terbiasa dengan alokasi tabungan adalah 20% dari gaji, bisa memulai dengan 2% dari gaji.

Namun, pastikan bahwa persentasenya naik setiap bulan hingga mencapai minimal 20% dari gaji. Bahkan Howard menyatakan, first jobber harusnya mampu untuk hidup dari setengah gaji karena belum memiliki banyak tanggungan dan pengeluaran.

2. Menabung di Stoples Transparan

Siapa sangka bila menabung dalam toples tembus pandang bisa jadi cara semangat menabung yang terbukti efektif. Kenapa harus tembus pandang? Biasanya wadah ini bisa mensugesti seseorang untuk melihat jumlah uang yang ditabung setiap hari.

3. Menabung dengan Jumlah Nominal Sesuai Tanggal

Baca Juga :   Horay, Gaji Ketiga Belas Cair, Cek Nominalnya Yuk!

Masih kurang puas dengan cara di atas? Maka bisa mencoba menabung dengan jumlah nominal sesuai tanggal atau jumlah uang sama dengan tanggal hari ini.

Misalnya bila mulai menabung tanggal 19 September, maka nominalnya bisa Rp9.000, Rp99.000, Rp999.000 dan Rp9.999.000. Begitu pula dengan tabungan setelahnya harus tetap sesuai angka yang tertera di kalender tepat pada hari uang ditabung. (trj/may)