Pemkab Akan Perbaiki Puluhan Rumah Korban Ledakan di Gondangwetan

783

Gondangwetan (WartaBromo.com) – Belasan rumah di Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan rusak berat terkena ledakan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan memperbaiki belasan rumah tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) ketika mengunjungi lokasi ledakan di Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, Senin (13/09/2021).

Gus Mujib mengatakan, rumah yang terdampak akan diperbaiki pemkab melalui Dinas PU. Sementara untuk rumah pelaku yakni Mat Sidiq dan Ghofar, tidak akan diperbaiki.

“Yang rumah pelaku tidak kami hitung,” kata Gus Mujib.

Menurut Gus Mujib, ada dua puluh rumah yang rusak berat terdampak ledakan dan satu musala. Dalam waktu dekat, pemkab akan melakukan asesmen untuk memastikan tak ada rumah yang luput tercatat.

“Anggarannya berapa, nanti insyaallah akan kami selesaikan,” imbuh Gus Mujib.

Selain itu, Gus Mujib meminta kepada masyarakat jika mengetahui ada aktivitas yang melanggar hukum di sekitar tempat tinggalnya, agar tak ragu untuk melaporkan kepada pihak berwajib.

“Ini masukan bagi perangkat desa. Jangan sampai lengah. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali,” imbuh Gus Mujib.

Sebagaimana diketahui, ledakan dahsyat yang diduga dari bom ikan menghebohkan warga Dusun Macan Putih, Desa Pekangkungan, pada hari Sabtu (11/09/2021) pagi. Akibat ledakan tersebut, dua rumah hancur.

Tak hanya itu, belasan rumah juga rusak di bagian plafon, kaca, dan genteng. Peristiwa ini menewaskan bapak dan anak yakni Mat Sidiq dan Ghofar, serta beberapa orang lainnya luka-luka. (tof/may)

Baca juga: Ledakan di Gondang Wetan, 2 Rumah Rata Tanah, 11 Rusak Ringan

Simak videonya: