Masih Muda Kok Pikun? Mungkin Ini Penyebabnya

394

Pasuruan (wartabromo.com) – Pikun atau mudah lupa umumnya terjadi ketika seseorang memasuki usia lanjut. Namun ternyata kini tak sedikit orang yang masih berusia muda terserang keadaan tersebut.

Lantas, apa yang menyebabkan orang mudah lupa sekalipun usianya masih muda? Adalah karena gaya hidup yang buruk.

“Berbeda dengan lansia yang sudah mengalami faktor penuaan, penyebab sering lupa pada usia muda seringkali berkaitan dengan gaya hidup yang buruk. Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi,” jelas dr Tania Savitir, dokter umum alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Tak hanya itu, dilansir dari alodokter.com, secara medis ada penyebab lain yang membuat seseorang menjadi pelupa di usia muda.

Apa saja? Yuk, simak!

1. Mengalami Setres, Cemas dan Depresi

Di usia muda perasaan setres, cemas dan depresi adalah hal lumrah. Ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti faktor pekerjaan, sekolah, hingga masalah dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Nah, masalah-masalah tersebut akhirnya mengganggu konsentrasi. Serta, juga dapat menimbulkan permasalahan memori.

2. Pola Makan yang Buruk

Tidak hanya stres, seseorang berusia muda yang pola makannya buruk bisa menjadi orang pelupa. Apalagi bagi yang gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, tentu saja akan memperburuk keadaan.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, hubungan pola makan yang buruk dengan daya ingat adalah dimediasi oleh gen apolipoprotein E (APOE).

Adapun gen tersebut berkaitan dengan jumlah kolesterol dalam darah. Dan orang-orang dengan variasi gen ini lebih berisiko terkena masalah memori, termasuk demensia dan penyakit Alzheimer.

3. Kurang Tidur

Masih suka begadang? Sebaiknya segera hentikan. Pasalnya, seringkali kebiasan tersebut menjadi penyebab sering lupa.

Apalagi bagi yang memiliki segudang aktivitas padat, rawan terserang penyakit pelupa. Sebab, kurang tidur bisa mempengaruhi suasana hati dan kecemasan, yang pada gilirannya bisa menimbulkan masalah ingatan. (trj/may)