Cak Thoriq Datangi Kantor BNPB, “Tagih” Dana Bantuan Gempa Bumi yang Tak Kunjung Cair

778
Cak Thoriq Datangi Kantor BNPB, “Tagih” Dana Bantuan Gempa Bumi yang Tak Kunjung Cair,
Thoriqul Haq, Bupati Lumajang saat mendatangi kantor BNPB di Jakarta, Jumat (17/09/2021).

 

Jakarta (wartabromo.com) – Dana bantuan korban gempa bumi di Lumajang tak kunjung cair hingga saat ini. Thoriqul Haq, Bupati Lumajang kemudian menanyakan perihal dana tersebut ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta pada Jumat (17/09/2021).

Setelah beberapa waktu lalu sempat lapor Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, Cak Thoriq kemudian mendatangi Kantor BNPB di Jakarta.

“Saya menanyakan kapan realisasi bantuan bencana pasca gempa kepada BNPB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta,” ujarnya.

Orang nomor 1 di Lumajang ini kemudian mengungkapkan bahwa berkas beserta surat permohonan realisasi sudah dikirimkan ke pemerintah pusat sejak bulan April lalu. Namun sampai saat ini, belum ada titik terang kapan bantuan yang sudah dijanjikan untuk masyarakat korban bencana gempa bumi di Kabupaten Lumajang itu akan dicairkan.

“Surat permohonan realisasi bantuan telah di kirim sejak bulan April lalu dan seluruh pemberkasan telah di nyatakan lengkap,” imbuhnya.

Cak Thoriq mengatakan jika seluruh persyaratan dan pemberkasan untuk Kabupaten Lumajang sudah dinyatakan lengkap, seharusnya tidak perlu menunggu kabupaten lain untuk proses pencairan.

“Jadi, bila Lumajang sudah di nyatakan lengkap pemberkasannya, berharap bisa langsung proses tindak lanjut administrasi realisasi bantuan,” imbuhnya.

Diketahui gempa bumi yang terjadi pada 10 April lalu tersebut tidak hanya merusak rumah warga di Kabupaten Lumajang, namun juga Malang dan sekitarnya.

Cak Thoriq berharap dalam waktu dekat segera dapat direalisasikan bantuan pasca gempa dari anggaran APBN melalui BNPB. Terutama yang mengalami kerusakan berat. (rul/may)