Gunung Arjuno Sudah Buka, Pendaki Harus Taati Ini

807

Pasuruan (wartabromo.com) – Pendakian Gunung Arjuno-Welirang dibuka mulai (19/9/2021) Minggu kemarin. Pintu masuk yang dibuka hanya dari Kabupaten Pasuruan.

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan, pihaknya masih melakukan uji coba pembukaan di 2 jalur di Kabupaten Pasuruan. Yakni, Pos Tretes Prigen dan Tambaksari Purwosari.

“Iya sudah kami buka untuk tahap uji coba,” tutur Wahyudi saat di konfirmasi wartabromo.com, Senin (20/9/2021).

Namun, uji coba pembukaan akses jalur pendakian via Kabupaten Pasuruan masih menyesuaikan cuaca. Jika nanti cuaca buruk bisa dilakukan penutupan kembali.

Selain pintu masuk dari Tretes dan Tambaksari, pintu pendakian Arjuno-Welirang juga terdapat di Malang dan Kota Batu. Pembukaan pos pendakian, kata Wahyudi, menyesuaikan level PPKM daerah.

Para pendaki yang ingin naik Gunung Arjuno-Welirang diminta registrasi secara online melalui sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id. Pendaki tetap wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menghindari kerumunan berlebihan, membiasakan untuk cuci tangan dan lainnya.

“Untuk cek pendaki yang sudah vaksin atau belum, kita sementara menggunakan nama dan NIK untuk cek vaksin pendaki,” jelas Wahyudi.

Sementara itu, selain pendaki harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, satu tenda hanya bisa diisi oleh 50 persen orang saja. Dan pengunjung perhari hanya dibatasi 150 pendaki.

Seperti diketahui, Gunung Arjuno-Welirang ditutup karena adanya penerapan ppkm di Jawa Timur. (don/yog)