Jadi Desa Wisata Terbaik, Ranupani Digelontor Rp 22 Miliar

907

Senduro (wartabromo.com)- Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung pemulihan sektor pariwisata di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kementerian kemudian menggelontor dana sebesar Rp22 miliar untuk desa wisata ini.

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Ranupani, Minggu (19/9), Mas Menteri -sapaan akrabnya- mengatakan, Desa Ranupani memiliki potensi untuk berkembang. Hanya saja perlu ditata agar lebih baik.

Kemenparekraf kemudia akan berupaya untuk membantu menggerakan perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah berjalan untuk Ranupani mendapatkan Rp22 milyar, salah satunya untuk pelebaran jalan. Para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif akan mendapatkan pendampingan dari komunitas untuk bisa meningkatkan omset penjualan mereka,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Kemenparekraf RI juga akan mendukung melalui berbagai program pemulihan seperti DAK dan PEN. Selanjutnya, membuka tempat-tempat wisata secara bertahap

Menteri Jokowi ini kemudian menyampaikan kondisi pandemi Covid-19 sudah menurun. Untuk itu, dirinya mendorong agar masyarakat menjaga kondisi ini dengan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Saya titip penerapan protokol kesehatan dijaga, jangan sampai ketidakdisiplinan membuat PPKM diperketat,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Ranupani masuk dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia. Torehan ini mengunggul ribuan desa wisata lain di pelosok negeri. (rul/may)