Tips Jadi Orang Tua yang Menyenangkan Bagi Si Buah Hati

825
Tips Jadi Orang Tua yang Menyenangkan Bagi Si Buah Hati

Pasuruan (wartabromo.com) – Kini tak perlu bingung dalam menerapkan pola asih dan asuh anak. Pasalnya, ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana bahagia pada anak-anak.

Hadir sebagai orang tua yang menyenangkan bagi si buah hati merupakan impian setiap orang tua. Sayangnya, tak banyak orang tua bisa melakukannya.

Nah, dinukil dari beberapa sumber ada 3 tips yang bisa dilakukan agar bisa jadi orang tua yang menyenangkan. Apa saja?

Yuk, simak!

1. Selalu Bercanda

Bercanda dengan anak ternyata bisa membantu mengatur si buah hati dalam keberhasilan sosial. Hal ini diterangkan dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam Economic and Social Research Councils, Festival of Social Science 2011.

Baca Juga :   Tips Mengurangi Rasa Nyeri Pasca Operasi Caesar

Ketika orang tua suka bercanda dengan anak-anak, maka si anak akan berpikir kreatif, cermat dalam menambah hubungan teman. Bahkan si buah hati bisa mengatur tingkat stres sendiri.

2. Jadilah Berpikirlah Positif

Tanpa disadari, tak sedikit orang tua cenderung mengekspresikan rasa emosi saat si buah hati melakukan kesalahan. Padahal, perilaku seperti ini berdampak tidak baik untuk perkembangan anak.

Kenapa? karena perilaku seperti ini berpotensi dicontoh si buah hati. Maka, untuk menghindari hal tersebut jadilah orang tua yang selalu berpikir positif agar anak merasa nyaman dan tidak merasa di pojokkan.

3. Pelihara Keawetan Rumah Tangga

Sebisa mungkin, jangan biarkan hubungan antara suami istri menjadi buruk saat kehadiran anak. Pasalnya, menurut penelitian dalam jurnal Child Development edisi Mei 2011, pernikahan yang bermasalah saat usia bayi 9 bulan akan menyebabkan anak sulit tidur pada usia 18 bulan.

Baca Juga :   Mau Lahiran Normal? Begini Tipsnya

Hal ini dikarenakan si anak bisa merekam kejadian yang ada di dalam rumah. Mereka bahkan bisa merasakan suasana di dalam rumah jika sedang setres. Untuk itu, usahakan untuk memelihara keawetan dalam rumah tangga.b