Pasuruan (wartabromo.com) – Membaca buku adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperluas pengetahuan si kecil. Oleh karena itu, orang tua harus cermat memilihkan buku untuk di baca oleh anak.

Kebiasaan membaca sangat baik untuk anak, apalagi sebelum 12 tahun. Kenapa? Dilansir dari hellosehat.com, anak yang berusia 5-11 tahun memiliki perkembangan kognitif yang mencerminkan potensi kecerdasan otak.

Untuk itulah, sebelum anak berusia 12 tahun sebaiknya orang tua membiasakan anak membaca, salah satunya adalah membaca novel. Nah, apa saja novel yang direkomendasikan untuk dibaca anak sebelum berusia 12 tahun?

Yuk, simak!

1. The Giving Tree

Cocok dibaca anak yang berusia 7 sampai 9 tahun, buku karya Shel Silverstein ini ceritanya sangat sederhana.Tentang persahabatan antara pohon apel dan seorang anak laki-laki.

Baca Juga :   Begini Proses Persalinan Caesar yang Perlu Ibu Tahu

The Giving Tree mengajarkan bahwa dasar persahabatan adalah cinta dan saling memberi yang diilustrasikan dalam bentuk seorang anak laki-laki dengan pohon apel. Tak hanya itu, dalam novel ini, Shel juga mengingatkan, memberi atau meminta terlalu banyak tak baik.

2. Coraline

Apabila anak suka dengan yang berbau imajinasi, maka Novel bergambar yang berjudul Coraline adalah bacaan yang tepat. Buku karya Neil Gaiman ini cocok untuk anak berusia 7-11 tahun.

Ialah menceritakan tentang Coraline, seorang gadis cilik yang terpaksa menjelajah ke dunia lain untuk menyelamatkan ayah, ibu, dan dirinya sendiri. Ia harus melawan banyak hal seram. Buku ini mengajarkan anak-anak untuk tetap berani dan bertekad kuat.

Baca Juga :   Bayi Perlu Dibantu Bersendawa? Begini Alasannya

3. Charlie &The Chocolate Factory

Orang tua yang gemar membaca pasti tahu bahwa Roald Dahl adalah penilis cerita anak yang brilian. Salah satu karyanya yang paling best seller dan disukai anak-anak adalah novel berjudul Charlie &The Chocolate Factory.

Buku ini menceritakan tentang Charlie, seorang anak miskin yang memenangkan undian untuk tur ke dalam pabrik cokelat milik Willy Wonka. Tak hanya Charlie, beberapa anak lain yang beruntung pun turut ikut.

Pabrik ajaib itu menggoda anak-anak yang masuk ke dalamnya. Anak yang sombong, rakus, dan tidak patuh kepada orangtuanya mendapat hukuman. Tak heran, saking bagusnya, buku ini pernah difilmkan menjadi Willy Wonka yang unik. (trj/may)