Tak Perlu ke Dokter, Ini Bahan Alami yang Bisa Obati Ambeien di Rumah

623

Pasuruan (wartabromo.com) – Ambeien (wasir) adalah salah satu penyakit yang membuat pembuluh darah di anus dan rektrum bagian bawah mengalami pembengkakan. Umumnya, penyakit ini dialami oleh orang dewasa.

Bagi penderita ambeien pasti akan langsung berpikir untuk datang ke dokter untuk menyembuhkan penyakit ini. Pasalnya, apabila tidak segera ditangani, pembengkakan akan semakin membesar dan terasa sakit saat buang air besar.

Apabila datang ke dokter, maka tindakan cepat yang akan dilakukan dokter menurut prosedur medis adalah melakukan operasi pengangkatan wasir. Apakah tidak ada cara lain? Tentu saja ada.

Dinukil dari hellosehat.com, ambeien bisa diobati dengan 3 bahan alami ini:

1. Garam Epsom dan Gliserin

Untuk mengobati ambeien bisa dengan mencampurkan dua bahan ini. Cara menggunakannya cukup kompreskan dengan kasa di area anus yang meradang dan mengalami pembengkakan.

Baca Juga :   Mantan Wabup Pasuruan Jadi Tersangka Korupsi hingga Pabrik “MS Glow” Ilegal Beroperasi di Pasuruan | Koran Online 19 Ags

Biarkan selama lima belas menit. Ulangi penggunaannya setiap empat hingga enam jam sekali sampai rasa sakit di area anus mereda dan hilang.

2. Cuka Apel

Bahan alami berikutnya yang bisa mengobati ambeien adalah cuka apel. Bahan alami ini terbuat dari fermentasi apel yang diubah menjadi asam asetat.

Nah, kandungan asam asetat dalam cuka apel dapat membantu mengecilkan jaringan pembuluh darah yang membengkak. Tak hanya itu, asam asetat ini juga bersifat anti bakteri, sehingga bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya bersifat anti-inflamasi yang menawarkan sensasi sejuk yang bisa menenangkan dan melemaskan pembuluh darah yang meradang. Kandungan arakuinon pada aloe vera akan membantu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak.

Baca Juga :   Bupati Probolinggo Jalani Karantina hingga Semeru Semburkan Awan Panas | Koran Online 8 Des

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya di area anus yang membengkak akibat ambeien. Diamkan beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin. (trj/may)