Tari Topeng Kaliwungu Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Lumajang

3975

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali mengusulkan keseniannya untuk dipatenkan jadi warisan budaya tak benda 2021. Kesenian tersebut yakni tari topeng Kaliwungu.

Tari topeng Kaliwungu ini berasal dari Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, Lumajang. Sebelumnya, tarian ini hanya sebagai sajian pembuka dalam sebuah pewayangan.

Kemudian beberapa tahun berikutnya, tari ini bisa dipertontonkan tanpa menunggu adanya pertunjukan wayang.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo mengatakan pemerintah berupaya untuk menjaga kesenian ini. Hingga mengusulkan tarian topeng Kaliwungu sebagai warisan budaya.

“Kabupaten Lumajang tahun ini mengusulkan Tari Topeng Kaliwungu menjadi warisan budaya tak benda setelah beberapa tahun lalu jaran kencak juga menjadi warisan budaya tak benda,” kata Yoga.

Baca Juga :   Poliklinik RSUD dr Haryoto Lumajang Tutup Sementara

Penetapan ini sebagai salah satu upaya mengenalkan budaya Lumajang kepada warganya. Sebab pada beberapa tahun ke belakang, sangat jarang pegiat seni yang menarikan tari topeng Kaliwungu ini.

“Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan sering mengadakan festival seni tradisional agar kesenian tradisional di Kabupaten Lumajang ini tidak hilang atau punah,” lanjutnya.

Usulan ini kemudian diterima oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Alhamdulillah tari topeng Kaliwungu diakui menjadi warisan budaya tak benda,” pungkasnya.

Sekadar informasi, tari topeng Kaliwungu ini merupakan jenis tarian tunggal. Biasanya diperagakan oleh seorang perempuan bertopeng.

Dalam peragaan tersebut, tari ini mendapat iringan kenong telok, atau 2 gong, 2 kendang dan 3 kenong. Tak lupa ada terompet khas yang turut sebagai pemanis irama. (rul/may/ono)