Tips Memilih Kampus dan Jurusan yang Tepat

567

Pasuruan (wartabromo.com) – Berbagai pertanyaan seputar kampus dan jurusan yang tepat sering kali dipertanyakan para pelajar yang baru tamat sekolah dan ingin lanjut kuliah.

Banyaknya pilihan kampus di Indonesia serta beragam jurusan yang disediakan membuat para pelajar semakin pusing memilih. Pasalnya tak ingin salah pilih ketika sudah masuk nantinya.

Jangan bingung lagi, dilansir dari sindonews.com ada 3 tips yang bisa dilakukan agar bisa memilih kampus dan jurusan yang tepat.

Apa saja?

1. Pahami Bakat dan Minat yang Dimiliki

Sebelum menentukan kampus dan jurusan yang akan dimasuki, sebaiknya pahami bakat dan minat yang dimiliki. Ini penting sebab sangat berperan besar dalam penentuan pilihan.

Baca Juga :   SD NU Bangilan Beri Edukasi Pembayaran Digital Sejak Dini

Pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat bertahan menghadapi berbagai tantangan saat belajar tentang ilmu dan skills baru di bangku kuliah nanti.

2. Riset Mengenai Jurusan-Jurusan yang Dipilih

Ketika hendak memilih jurusan perkuliahan, jangan hanya terpaku pada satu jurusan saja. Sebanyak mungkin kumpulkan jurusan-jurusan yang ada, lalu pilah yang sesuai dengan bakat dan minat.

Apabila sudah menemukan jurusan yang cocok, jangan langsung dipilih. Tetapi riset dengan mengumpulkan semua informasi terkait jurusan tersebut. Mulai dari ragam mata kuliahnya, prospek kerja, peluang kerja dan lain-lain.

3. Sharing dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Dilema sudah pasti tidak dapat dihindarkan saat memilih apapun, termasuk memilih kampus dan jurusan kuliah. Oleh karena itu, jangan segan sharing dengan orang yang berpengalaman untuk mendapatkan informasi dari sudut pandang berbeda.

Baca Juga :   Infrastruktur Sekolah Rusak, Bupati Probolinggo Sebut Wajar

Sebab, orang yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas dapat memberi kita sudut pandang dan pengetahuan baru yang fresh. Lebih baik lagi jika semua pendapat dan informasi tersebut dikombinasikan dan dipertimbangkan lagi. (trj/may)