3 Fakta Menarik Seputar Mangga Ungu, Sudah Tahu?

1817

Pasuruan (wartabromo.com) – Pada umumnya, buah mangga terkenal dengan warna kulit hijau kekuningan atau oranye bila sudah matang. Tapi tahukah Bolo, bahwa ternyata ada buah mangga yang warna kulitnya ungu?

Bahkan, mangga ungu ini tak jarang dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia. Nah, bagi Bolo warmo yang belum tahu atau bahkan tak pernah dengar seputar mangga ungu, berikut 3 faktanya dilansir dari detik.com:

1. Pertama Kali Dikembangkan di Florida Selatan

Nama latin mangga ungu adalah Magnifera Indica atau biasa disebut mangga irwin. Buah ini tergolong mangga varietas yang berasal dari Australia.

Meski terkenal dari Australia, ternyata mangga Irwin pertama kali dikembangkan di Florida Selatan. Mulanya di tahun 1939, bibi mangga Irwin ditanam dan tumbuh menjadi pohon di Miami, buahnya muncul pada 1945.

Baca Juga :   Tarif Tol Paspro Naik 15 Persen

Sejak itu, di tahun 1949 bibit mangga Irwin disebarluaskan ke berbagai penjuru dunia. Pada tahun 1970, mangga Irwin mulai tumbuh dan berkembang di beberapa negara, termasuk Australia.

Nah, tak disangka ternyata mangga Irwin malah tumbuh subur di negeri Kangguru. Sehingga, sejak itu banyak yang menganggap mangga Irwin berasal dari Australia.

2. Per Buah Beratnya Mencapai 500 gram

Selain terkenal dengan warnanya yang unik, mangga Irwin juga punya berat yang berbeda dengan mangga pada umumnya. Per buah mangga Irwin beratnya bisa mencapai 500 gram meski tak sebesar mangga lain.

Tak hanya itu, bentuk pangkalnya bulat dan meruncing pada ujungnya. Serta, memiliki permukaan kulit yang sangat halus.

Baca Juga :   Mangga Gadung Klonal 21 Resmi Jadi Buah Khas Kabupaten Pasuruan

3. Dijual dengan Harga Tinggi

Umumnya, satu kilo mangga dijual dengan harga di bawah seratus ribu. Beda halnya dengan mangga Irwin. Satu kilo mangga unik ini dijual mulai Rp120.000.

Tingginya harga jual salah satunya disebabkan harga bibit mangga Irwin juga mahal, yakni sekitar Rp30.000 sampai Rp50.000 per batang bibit. Juga cukup sulit untuk mengkembang biakkannya.

Sebagai informasi tambahan, Pohon mangga Irwin dapat tumbuh di dataran rendah dengan cuaca panas. Panen buah mangga diperkirakan setelah usianya 3-4 tahun yang berlangsung pada bulan Juni hingga Juli. (trj/may)