Jalur Tawur Kesanga Sumber di Lereng Bromo Longsor

777

Sumber (WartaBromo) – Longsor kembali terjadi di lereng Gunung Bromo Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo. Kali ini lokasinya di jalur Tawur Kesanga, yakni Curah Kendil, Desa Sumberanom.

“Arus lalu lintas Sumber – Ledokombo tertutup. Hujan sangat deras dengan intensitas tinggi dan lama mulai siang hari,” sebut Jundry, warga sekitar pada Selasa petang, 16 November 2021.

Ia menyebut longsor itu terjadi karena tanah labil paska diguyur hujan. Material tanah dan batu, jatuh di media jalan. Sehingga menutup jalur di lokasi yang biasa digelar Tawur Kesanga jelang Nyepi itu. Kendaraan dari Sumberanom dan sebaliknya tak dapat melintas.

Warga dan pemuda desa, lantas bergotong royong memindahkan matial tanah ke pinggir jalan. Dengan tujuan supaya dapat dilintasi, minimal oleh kendaraan roda dua.

Baca Juga :   Ngonthel Bareng Rayakan Kemerdekaan RI di Probolinggo

“Semoga longsor tidak terjadi di jalur Sariwani – Sukapura. Kalau di jalur itu, juga longsor, maka desa Sumberanom dan Ledokombo akan terisolir,” kata pegiat wisata itu.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, jalur penghubung Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo ke Kabupaten Lumajang longsor akibat diguyur hujan lebat. Ada 4 titik jalur Sumber – Ledokombo, yakni RT 03 RW 02 dan RT 01 RW 01 Dusun Beras, Desa Tukul. Di lokasi ini, longsor sepanjang 6 meter dengan kedalaman 9 meter.

Titik selanjutnya yakni RT 12 RW 04 dan RT 13 RW 03 Dusun Pojok, Desa Ledokombo. Panjangnya diperkirakan 10 meter dengan kedalaman 10 meter.

Pemerintah daerah mengimbau pengguna jalan berhati-hati, sebab ada 4 titik longsor. Sebab hujan dengan intensitas tinggi masih melanda kawasan Bromo. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.