Hujan 2 Jam, Sejumlah Sudut Kota Probolinggo Banjir

588

Kanigaran (wartabromo.com) – Hujan deras yang mengguyur Kota Probolinggo, pada Kamis petang, sisakan banyak genangan. Genangan air itu, tersebar di sejumlah sudut kota. Mulai dari area jalan alun-alun, sampai di beberapa sudut lainnya.

Salah satu sudut, di sekitaran jalan Juanda, Kelurahan Tisnonegaran, Kanigaran, ketinggian air sampai masuk ke rumah warga. Mulai dari pertigaan utara kantor Kelurahan, sampai ke barat, terdapat sejumlah genangan.

Ketinggian air pun bervariasi. Dari atas mata kaki, sampai selutut orang dewasa. Di gang III jalan Juanda, air sampai masuk ke rumah warga. Tidak semua memang, ada sekitar tiga rumah yang tergenang. Lantaran posisi rumahnya agak rendah.

“Setiap hujan lebat, agak lama, wilayah Tisnonegaran, khususnya RW 01 sampai RW 03 selalu begini (banjir). Seperti tadi saja, diguyur hujan selama hampir 2 jam sudah meluber masuk ke sejumlah rumah warga,” kata Tutus, Ketua RW 02 Kelurahan Tisnonegaran, Kamis malam.

Baca Juga :   Tak Ada Hujan, Wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan ini Kebanjiran

Upaya menanggulangi genangan air itu, sudah sering dilakukan warga setempat. Sebelum musim hujan datang, kerja bakti dilakukan. Tapi tetap saja terjadi genangan jika hujan deras melanda.

“Kami berharap agar dari pihak terkait dapat membantu upaya warga disini. Untuk turut serta menanggulangi banjir ini,” imbuhnya.

Di pertigaan jalan juanda – sutan syahrir, banjir menggenang sampai se lutut orang dewasa. Mobil sedan warga yang tergenang pun sampai terlihat nyaris tenggelam. Ketika keadaan itu terjadi, pertigaan sutan syahrir – jalan pahlawan, sampai pertigaan jalan sutan syahrir – juanda, ditutup. Atau dengan kata lain, sepanjang jalan sutan syahrir ditutup. Agar tidak dilewati kendaraan.

Sejumlah genangan, juga tersebar di beberapa tempat. Di antaranya, di jalan alun-alun sebelah barat, sebagian pertigaan brak, serta sekitar pertigaan pilang. Serta sekitar kecapan ke selatan, sisi timur. Beberapa saat usai hujan reda, genangan perlahan surut.

Baca Juga :   Antisipasi Corona, Santri Sidogiri Disterilkan di Terminal Bayuangga

Kondisi itu, membuat akses jalan dan aktivitas warga terhambat. Tak sedikit dari kendaraan warga yang sampai macet ditengah genangan banjir. (lai/saw)