Lolos Putaran Pertama, Siapa Ketua Umum PBNU Terpilih, KH. Yahya atau KH Said?

800

Lampung (wartabromo.com) – Proses pemilihan Ketua Umum PBNU melalui gelaran Muktamar NU ke 34 di Lampung sedang berlangsung, Jumat (24/12/2021) pagi.

Setelah melalui proses bursa calon, terpilih dua kandidat yang akan maju dalam pemilihan Ketua Umum PBNU Periode 2021 – 2026 yakni Petahana KH. Said Aqil Siradj dan KH. Yahya Cholil Staquf.
Berdasarkan hasil pemungutan suara bakal calon yang didapatkan, KH. Yahya  Cholil memperoleh suara 327 unggul dari KH. Said Aqil Siradj yang hanya memperoleh 203 suara dan KH. As’ad.

“Masih pencalonan. Setelah ini pemilihan putaran kedua untuk menetapkan calon terpilih, ” ujar Muktamirin yang hadir di lokasi pada redaksi wartabromo.com.

Baca Juga :   PBNU Minta Pilkada Serentak Ditunda

Proses pemungutan suara bakal calon sendiri dilakoni melalui dua kalo sidang Pleno yakni III dan IV yang digelar sejak Kamis 23 Desember hingga Jumat 24 Desember 2021.

Untuk diketahui, sang penantang petahana, KH. Yahya Cholil Staquf merupakan kakak dari Menteri Agama Yaqut C. Qoumas. Gus Yahya juga keponakan KH. Mustofa Bisri.

Gus Yahya juga pernah menjadi Juru Bicara Presiden Gus Dur pada era 1999-2001. Ia juga sempat menjabat sebagai Watimpres pada tahun 2014-2019. (yog/yog)