Bus Pariwisata Hantam Truk di Tol Pasuruan-Probolinggo, Dua Penumpang Tewas

1948
Petugas melakukan evakuasi korban kecelakaan bus pariwisata di tol Pasuruan-Probolinggo, Minggu (9/1/2022). Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebuah bus pariwisata yang membawa rombongan asal Kabupaten Banyuwangi mengalami kecelakaan di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo. Dua penumpang tewas dalam kejadian ini.

Kanit PJR IV Polda Jatim, AKP L. Rahmad Budiarto menjelaskan, kecelakaan terjadi pada Minggu (09/01/2022) sore, tepatnya di KM 816.

Peristiwa bermula saat bus pariwisata bernopol DK 7917 FC ini melaju dari Surabaya ke arah Probolinggo dengan kecepatan tinggi di lajur 2. Sesampainya di lokasi, bus berpindah ke lajur 1.

Saat yang sama, di lajur 1 melaju sebuah truk dengan kecepatan sedang yang posisinya berada tepat di depan bus. Bus kemudian menabrak bagian belakang truk tersebut.

“Bus mengalami kerusakan parah pada bodi depan sebelah kiri,” kata Rahmad.

Tabrakan yang terjadi rupanya cukup keras. Saat petugas kepolisian datang ke lokasi, satu orang penumpang bernama Siti Ulfa (34) ditemukan tewas di lokasi.

Sementara itu 42 penumpang bus dilarikan ke RSUD Moch Saleh, Probolinggo. Satu orang penumpang lainnya, Ismail (50) tewas di rumah sakit, sementara 36 lainnya sehat dan 5 orang lainnya mengalami luka ringan dan luka sedang.

“Penyebab kecelakaan diduga sopir bus mengantuk hingga kehilangan konsentrasi,” imbuh Rahmad. (tof/asd)