Banjir Belum Surut, Pemkab Pasuruan Distribusikan Bantuan Makanan dan Obat-Obatan

793
Wabup Pasuruan, Gus Mujib memberikan bantuan nasi bungkus kepada warga terdampak banjir di Kebrukan, Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Selasa (18/1/2022).

Grati (WartaBromo.com) – Banjir sejak Senin (17/1/2022) masih merendam beberapa desa di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Sejumlah bantuan pun didistribusikan.

Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron mengatakan, ada tiga kecamatan yang menjadi fokus pemkab pada peristiwa banjir ini yaitu Kecamatan Winongan, Grati, dan Rejoso.

Gus Mujib, sapaannya menyebut, pemkab mendistribusikan sejumlah bantuan untuk warga yang terdampak banjir di antaranya, nasi bungkus, mi instan, dan obat-obatan.

“Tadi kita sudah mengirim 1.600 nasi bungkus di Rejoso. Lalu di Triwung dan Kedawungkulon,” kata Mujib.

Pemkab, lanjut Mujib, sudah berkomunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Surabaya, dan Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur untuk penanganan sampah-sampah yang menyumbat sungai.

Baca Juga :   Di Petamanan, Tinggi Banjir Nyaris Capai Atap

“Alat beratnya sudah bekerja sejak dua hari yang lalu. Di Sungai Lekok sudah kerja,” imbuh Mujib.

Sementara itu salah satu desa di Grati yang masih terendam banjir cukup parah adalah Desa Kedawungkulon. Satu dusun di Desa Kedawungkulon, yakni Dusun Kebrukan, hingga saat ini masih terendam air setinggi satu meter.

Pj Kades Kedawungkulon, Mita Ardiningtyas mengatakan, tanggul penahan banjir di Desa Kedawungkulon jebol. Berdasar catatannya, ada 1.236 KK di Kedawungkulon yang terdampak banjir.

“Posisi tanggul kita jebol semua. Di Adirogo jebol. Di Joyomulyo jebol. Di kebrukan jebol. Semalam kami bersama puskesmas distribusikan obat-obatan kepada warga,” kata Mita. (tof/asd)