Cakades di Kalirejo Komitmen Gelar Pilkades Damai

862

Kraton (WartaBromo.com) – Seluruh Calon Kepala Desa (cakades) Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, menggelar deklarasi damai pelaksanaan pemilihan kepala desa. Mereka menyatakan kesiapannya untuk menerima apapun hasil pilkades pada 23 Maret mendatang.

Deklarasi damai ini dilaksanakan di Balai Desa Kalirejo, Selasa (15/03/2022). Seluruh jajaran forkopimpka hadir di acara tersebut.

Ada tujuh poin pernyataan yang tertuang dalam deklarasi damai. Pertama, semua cakades siap menyukseskan gelaran pilkades secara jujur, bebas, aman, tertib, dan damai.

Kedua, semua cakades siap menjunjung tinggi sportifitas, kejujuran. Mengedepankan sikap damai dan santun, menghindari unsur SARA, serta tunduk terhadap peraturan perundang-undangan.

Ketiga, siap terpilih dan tidak terpilih serta siap menerima hasil keputusan dari seluruh proses tahapan Pilkades Kalirejo. Keempat, siap mendukung sepenuhnya terhadap siapapun cakades yang terpilih.

Baca Juga :   Setelah Tertunda, Pilkades Serentak di Kabupaten Pasuruan Akhirnya Digelar Maret

Kelima, jika terjadi sengketa pada Pilkades Kalirejo, akan dilakukan melalui mekanisme yang sudah diatur. Keenam, selama masa kampanye siap mematuhi semua peraturan yang berlaku.

“Ketujuh, kami siap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkades Kalirejo,” demikian tertulis dalam deklarasi.

Terpisah, Camat Kraton, Munif Triatmoko mengatakan, di Kalirejo ada empat cakades. Mereka adalah Abd. Hamid, Sutiyon, Abdullah, dan Muhammad Adip.

Munif berharap semua cakades benar-benar mematuhi poin-poin yang sudah dibacakan di deklarasi damai tersebut.

“Mudah-mudahan pilkades di Kalirejo kondusif. Karena kan di tempat kita ini juga masuk wilayah rawan. Tapi insyaallah aman, semua cakades mendukung,” kata Munif. (tof/asd)