Longsor Kembali Putus Jalur Bromo

549
Alat berat diterjunkan untuk membersihkan material longsor. Foto: Heppy Lailatu Ansa.

Sukapura (WartaBromo.com) – Longsor kembali memutus jalur menuju wisata Bromo, di Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Longsor kali ini terjadi di sekitar pertigaan Desa Wonokerto – Desa Ngadirejo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Sugeng Suprisayoga menyebut, longsor terjadi setelah kawasan sekitar diguyur hujan. Dengan intensitas lebat dan lumayan lama.

“Material longsor menutup seluruh jalan, sehingga akses sempat terputus. Yang dari atas tidak bisa turun, yang dari bawah juga tidak bisa naik maupun ke arah Ngadirejo,” katanya, melalui sambungan seluler, Selasa (15/3/2022).

Sesaat pasca terjadi longsor, warga, sopir jip, kecamatan, BPBD, TNI, Polri dan Tagana setempat sempat lakukan evakuasi material dengan peralatan seadanya.

Baca Juga :   Festival Jatilan Bromo Pukau Turis Asing

Namun ketebalan material tanah yang menutupi seluruh akses jalan, membuat warga dan relawan gabungan kesulitan.

Akses baru bisa dilalui, setelah alat berat dikerahkan untuk menyingkirkan material longsor dari ruas jalan.

“Pengendara dihimbau untuk berhati-hati ketika melintas di jalur tersebut. Terutama saat musim hujan seperti saat ini,” tandas Sugeng.

Longsor kali ini, merupakan kedua kalinya. Sebelumnya longsor juga terjadi di kawasan Jurang Jontro, Desa Wonokerto. Ada tiga titik longsor yang terjadi. Namun tidak sampai menutup seluruh akses. (lai/saw/asd)