Ini Desa Pemilik DPTS Pilkades Terbanyak di Kabupaten Pasuruan

980

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pasuruan akan digelar pekan depan. Rabu (16/03/2022) lalu, kegiatan tersebut memasuki tahapan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Data yang didapat WartaBromo dari Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, dua desa di Kecamatan Beji tercatat memiliki daftar pemilih sementara (DPTS) terbanyak.

Desa tersebut adalah Desa Gununggangsir dengan jumlah DPTS sebanyak 9.429 dan Desa Cangkringmalang dengan jumlah DPTS sebanyak 7.985.

Kemudian satu lagi desa di Kecamatan Pandaan yakni, Desa Sumbergedang dengan jumlah DPTS sebanyak 6.884.

Plt Kepala DPMD, Bakti Jati Permana mengatakan, data DPTS pilkades saat ini diambil dari data pemilihan presiden pada tahun 2019. Data itu sebelumnya telah diumumkan panitia pilkades kepada masyarakat, agar masyarakat yang merasa namanya belum masuk, segera mendaftar.

Baca Juga :   31 Desa di Pasuruan Gelar Pilkades Tahap Pertama

“Tanggal 16 ditutup. Makanya kami berharap masyarakat juga proaktif mengecek data dirinya sendiri,” kata Bakti.

Saat ini panitia pilkades di tiap-tiap desa melakukan verifikasi dan validasi data. Proses verifikasi dan validasi data ini harus selesai dalam satu hari sebelum kemudian masuk masa tenang.

Sebelum ini, para calon kepala desa (cakades) diberikan waktu selama 5 hari untuk berkampanye serta menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat.

Menurut Bakti, selama kampanye tidak ada kendala yang berarti. Semua cakades patuh terhadap aturan, termasuk melaksanakan kampanye dengan tetap patuh protokol kesehatan.

“Alhamdulillah kampanye berjalan kondusif,” ujar Bakti. (tof/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.