Sekolah Lansia Tangguh Resmi Dibuka di Kota Pasuruan

828

Pasuruan (wartabromo.com) – Ketua Tim Penggerak PKK, Arumi Bachsin Emil Dardak meresmikan program Sekolah Lansia Tangguh di Kota Pasuruan, Senin (14/03/2022). Peresmian ini dilakukan di Gedung Gradhika, Kota Pasuruan.

Adanya Sekolah Lansia Tangguh di Kota Pasuruan merupakan wujud keperdulian pemerintah terhadap kesejahteraan sosial lansia. Lebih lagi dengan konsep “Success Ageing”, diharapkan bisa menjadikan lansia secara fisik dan psikis yang produktif.

“Sekolah Lansia Tangguh ini mengangkat konsep successful ageing, dimana nantinya kami berharap para lansia di Kota Pasuruan bisa produktif sehingga dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup,” kata Arumi dalam sambutannya.

Senada dengan Arumi, dalam kesempatan yang sama, ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf menyampaikan dalam kegiatan Sekolah Lansia Tangguh nantinya akan ada materi-materi khusus yang sangat cocok untuk lansia.

Baca Juga :   Wawali Kota Pasuruan Vidcon dengan Presiden soal Covid-19, Begini Pesan Jokowi

“Dalam progam Sekolah Lansia Tangguh ini nantinya para lansia di Kota Pasuruan akan mendapatkan ilmu, informasi, pelatihan dan permainan edukatif tentang kesehatan, keagamaan, sosial budaya dan kewirausahaan yang tentunya sangat bermanfaat,” ujar Fatma.

Mengingat lansia juga memiliki hak untuk ditingkatkan kesejahteraan sosialnya. Untuk itu, Fatma juga menyampaikan, lansia yang mengikuti program ini mampu berpartisipasi aktif dan turut menjadi subjek pembangunan.

“Dengan ikut serta sebagai peserta Sekolah Lansia Tangguh, nantinya 160 lansia yang diambil dari 4 kecamatan di Kota Pasuruan ini tidak lagi sebagai objek pembangunan namun juga sebagai subjek pembangunan, dengan harapan bapak ibu akan dapat lebih mandiri dan produktif di usia senja”, pungkas Fatma yang pada saat itu juga di kukuhkan sebagai Duta Penurunan Stunting Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Parkir di SPBU Buluagung, Sopir Truk Ditemukan Tak Bernyawa

Acara peresmian Sekolah Lansia Tangguh ini juga dihadiri beberapa dinas terkait. Diantaranyam, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kota Pasuruan.

Hadir pula Perwakilan dari Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Malang, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kota Pasuruan, Kader Kelompok BKL selaku fasilitator Sekolah Lansia Tangguh, Camat dan Lurah Kota Pasuruan, serta 160 peserta Sekolah Lansia Tangguh Kota Pasuruan. (trj/**)