Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjalani Puasa Ramadhan

439

Pasuruan (wartabromo.com) – Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Semua umat muslim berbondong-bondong menyiapkan berbagai hal untuk menyambutnya.

Namun sebelum itu, semua umat muslim wajib tahu bahwa ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum menjalani puasa. Lantas, apa saja yang harus dilakukan?

Dinukil dari beberapa sumber, berikut diantaranya:

1. Bertaubat

Bertaubat dengan meminta ampun kepada Allah SWT adalah hal bisa dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan. Seorang muslim diperintahkan menyambut Ramadan dengan taubat nashuha.

Bukan tanpa sebab, taubat sebelum menjalankan puasa Ramadhan dibutuhkan agar saat menjalani Ramadhan hati menjadi bersih. Serta bisa menghidupkan bulan Ramadan dengan tekad yang murni dan tulus.

2. Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Beberapa orang mungkin puasa Ramadhan di tahun sebelumnya tidak penuh dikarenakan beberapa hal. Seperti bepergian jauh, sakit, haid atau lainnya.

Baca Juga :   Puasa Bikin Sehat, Ini Kuncinya!

Nah, jika masih punya hutang puasa di tahun lalu segera lunasi lebih dahulu. Bilamana tidak sanggup membayar dengan puasa pula, maka bisa digantikan dengan membayar fidyah.

3. Minta Maaf

Selain bertaubat dan melunasi hutang puasa di tahun lalu, hal berikutnya yang harus dilakukan sebelum menyambut Ramadhan adalah meminta maaf kepada sesama. Dengan meminta maaf bisa membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain.

Tidak hanya itu, upaya meminta maaf juga bisa membersihkan hati. Sehingga pada saat menjalani puasa Ramadhan yang akan datang menjadi tenang dan maksimal. (trj/may)