Tak Punya Pekerjaan, Pemuda Ini Ngembat Kotak Amal di Blandongan

844

Pasuruan (WartaBromo.com) – Perbuatan M. Hasan (20) tak patut ditiru. Gegara tak punya pekerjaan tetap, ia nekat cari penghasilan dengan mencuri duit di dalam kotak amal.

Pria asal Kabupaten Lumajang itu beraksi di salah satu masjid di lingkungan Jelakrejo, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Senin (28/03/2022).

Sayangnya, saat beraksi ia ketahuan warga sekitar. Peristiwa itu terekam sebuah video amatir dan menyebar di grup-grup WhatsApp. Video berdurasi 26 detik menunjukkan bagaimana warga beramai-ramai mengamankan Hasan.

Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Iptu Merdhania Pravita mengungkapkan, pencurian yang dilakukan Hasan pertama kali diketahui oleh salah satu warga bernama Mustakim.

Mustakim lalu menyuruh warga lainnya yang bernama Firdaus mengejar Hasan dengan ciri-ciri memakai sarung, mengenakan peci, dan membawa tas ransel.

Baca Juga :   Lukai Petugas saat Hendak Ditangkap, Bandar Sabu Ditembak Mati

“Pelaku ditangkap oleh warga, jarak 500 meter dari masjid,” kata Vita, Selasa (29/03/2022).

Kemudian warga beramai-ramai membawa Hasan ke rumah Ketua RT setempat. Di rumah tersebut tas pelaku digeledah dan ternyata isinya sejumlah uang tunai.

Di situlah Hasan akhirnya mengaku bahwa dia mengambil duit kotak amal masjid. Barulah setelah itu, oleh warga, Hasan dibawa ke Polsek Bugul Kidul.

“Kepada polisi, pelaku mengaku melakukan aksinya karena terdesak kebutuhan ekonomi dan tak punya pekerjaan tetap,” ujar Vita. (tof/asd)