Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Gunung Semeru di Kali Regoyo

785

Pasirian (WartaBromo.com) – Hujan deras yang terjadi sejak siang di sebagian wilayah selatan Kabupaten Lumajang menyebabkan banjir lahar dingin di DAS Gunung Semeru. Akibatnya, dua truk yang sedang menambang di Kali Regoyo, Dusun Glendang Petung Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian terseret banjir, Selasa (19/4).

Dari pantauan Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, terjadi hujan deras di Puncak Gunung Semer. Hal ini terdeteksi melalui seismometer yang menunjukkan getaran banjir dengan amplitudo maksimal 37 mm.

Kedua truk yang terseret banjir lahar dingin merupakan milik warga Jember, dengan Nopol P 9884 PN (terjebak banjir di Cek Dam Kaliregoyo) dan Nopol P 8808 PN (terbawa arus sungai dan jatuh dari Cek Dam Kaliregoyo).

Baca Juga :   Kejari Kota Pasuruan Tahan Anggota Dewan hingga Makam Tiba-tiba Muncul di Pinggir Jalan Prigen | Koran Online 6 Jan

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Kedua penumpang dan pengemudi truk berhasil keluar dan menyelamatkan diri sesaat sebelum truknya terjebak dan terseret dalam lahar dingin.

Salah satu pengemudi truk, Final mengatakan kondisi truknya mengalami gangguan teknis. Ban belakang selip sehingga saat kejadian, truknya tidak bisa dikendalikan dan terpaksa harus ditinggal.

“Ban belakang selip, tidak bisa maju dan mundur,” katanya.

Rencananya truk tersebut akan dievakuasi setelah kondisi aliran sungai sudah kembali normal. (rul/may)