Asyiknya Ngaji Kitab Kuning sambil Ngopi

1089

Beji (WartaBromo.com) – Mau ngaji sambil bisa menikmati secangkir kopi? Cobalah datang ke Ponpes Roudlotul Arifin.

Sebab, di ponpes yang berlokasi di Desa Ngembe, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan ini, para santri bisa belajar kitab kuning sambil ngopi sekaligus.

“Majelis Yo Ngaji Yo Ngopi,” seloroh Gus Kibti menyebut nama majelisan yang dibukanya itu. “Jadi, ngaji sambil ngopi,” imbuhnya sambil tersenyum.

Gus Kibti mengatakan, ide membuka majelis ‘nyeleneh’ tersebut guna merespons masyarakat sekitar yang hobi nongkrong di warung-warung kopi.

Padahal, kata dia, Ramadan hanya datang setahun sekali. Karena itu, akan sangat disayangkan bila bulan yang penuh berkah ini kemudian dilewati begitu saja tanpa kegiatan positif.

Baca Juga :   Sempat Mandek Gegara Pandemi, Perajin Peci di Beji Laris Manis saat Ramadan

Namun demikian, tidak semua orang bisa menikmati ketika hadir di majelis taklim dengan berbagai alasan. Karena itu, agar lebih menarik, ia pun menggelar majelis taklim yang dikemas dengan nuansa begitu santai.

Tak hanya digelar di ruang terbuka (outdoor) sambil klesetan. Tetapi, di majelis yang dilaksanakan jam 22. 00 ini, para peserta juga bisa sambil ngopi.

Gus Kibti mengungkapkan, agar pesrta bisa betah, materi yang disampaikan pun tergolong ringan. Misalnya, seputar syarat rukun mandi besar, shalat dan lainnya.

Yang menarik, karena tidak dikemas laiknya ceramah agama, para peserta juga mendapat kesempatan untuk bertanya. Dengan demikian, terjadi interaksi antara dirinya dengan peserta.

Baca Juga :   Kapan Awal Puasa? Simak Jawabannya di Live Rukyatul Hilal

Kendati baru dimulai tahun ini, inisiatif Gus Kibti cukup banyak mendapat respons. Beberapa peserta yang hadir bahkan berasal dari berbagai latar belakang. Dari mantan pecandu hingga tukang sabung ayam. (tof/asd)