Cara Aman Konsumsi Makanan Bersantan Saat Lebaran Agar Terhindar dari Kolestrol

493

Pasuruan (wartabromo.com) – Setiap umat Muslim selalu menantikan datangnya lebaran ketupat. Pasalnya, ada banyak sajian makanan yang dihidangkan, utamanya makanan bersantan dan berbumbu kuat.

Boleh-boleh saja makan ketupat dengan makanan bersantan, tapi Bolo harus tetap waspada agar terhindar dari kolesterol, ya. Untuk mengantisipasinya, Bolo harus tahu cara aman mengkonsumsi makanan bersantan.

Dirangkum dari merdeka.com, berikut ini cara mengkonsumsi makanan bersantan dengan benar agar terhindari dari kolestrol:

1. Makan dengan Porsi Kecil

Saat lebaran pasti tak terlewatkan makan ketupat bersama keluarga. Rasanya, sangat disayangkan jika tak melahap semua hidangan yang ada karena ketupat hanya disajikan setiap satu tahun sekali.

Namun bagi penderita kolestrol sebaiknya hati-hati. Boleh-boleh saja memakan makanan bersantan dengan ketupat akan tetapi usahakan makan dengan porsi kecil, cukup semangkuk kecil kuah santan.

Baca Juga :   Bocah yang Terjangkit Difteri Itu Meninggal Dunia

2. Imbangi dengan Makanan Tinggi Serat

Cara aman mengkonsumsi makanan bersantan saat lebaran agar tak terserang kolestrol adalah dengan mengimbangi konsumsi makanan berserat tinggi. Ada banyak makan berserat yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

Buah dan sayur adalah salah satu makanan mengandung serat tinggi. Cara konsumsinya yakni makan buah dan sayur setelah memakan makanan bersantan, imbangi juga dengan air putih yang cukup.

3. Jangan Makan Kuah Santan dengan Jeroan

Selain makan dengan porsi kecil dan mengimbanginya dengan makanan serat tinggi, cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari kolestrol adalah jangan makan kuah santan dengan jeroan. Kenapa?

Pasalnya pada masakan bersantan, risiko kolesterol sebenarnya akibat dari pengolahan bersama bahan makanan lain yang tinggi kolesterol, seperti jeroan dan telur. Jika makan sesekali tidak apa-apa, tapi jika terus-menerus tentu dampaknya tidak baik bagi kesehatan. (trj/may)