Jangan Salah Saji, Ini 3 Jenis Makanan yang Cocok Dihidangkan Bersama Ketupat

378

Pasuruan (wartabromo.com) – Ketupat menjadi menu khas lebaran yang wajib dihidangkan saat makan bersama keluarga. Ada banyak jenis sajian yang dihidangkan untuk menyempurnakan santapan tersebut.

Namun bukan berarti semua jenis makanan cocok dijadikan pendamping ketupat. Pasalnya, ketupat memiliki tekstur padat dan rasanya hambar.

Lantas, jenis makanan apa saja yang cocok dihidangkan bersama ketupat? Dilansir dari beberapa sumber, berikut diantaranya:

1. Makanan Bersantan

Jenis makanan pertama yang sangat sering dijumpai di samping ketupat adalah makanan bersantan. Seperti opor ayam, gulai kambing atau kare ayam.

Padatnya ketupat akan sangat cocok disajikan dengan makanan bersantan yang kental. Apalagi dengan isian ayam dan daging yang juicy. Wah pasti terasa makin mantap.

Baca Juga :   Syarat Mudik Lebaran 2022 | Infografis

2. Makanan yang Berbumbu Kuat

Selain makanan bersantan, makanan dengan bumbu kuat juga sangat cocok dihidangkan bersama ketupat, mengingat ketupat memiliki rasa hambar.

Apa saja makanan berbumbu kuat yang nikmat disajikan? Diantaranya sate ayam, tahu telur, rendang daging, ayam dan telur balado hingga sayur lodeh.

3. Makanan Berkuah

Jenis makanan selanjutnya yang cocok dihidangkan bersama ketupat adalah yang berkuah. Mengapa demikian? karena tekstur ketupat padat cocok dijadikan sebagai pengganti nasi.

Hanya saja, tak semua makanan berkuah cocok dihidangkan untuk disantap bersama ketupat. Yakni makanan berkuah yang punya rasa pekat, seperti kuah bakso atau semur daging. (trj/may)